:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Pola Relasi Kepemimpinan Sekolah yang Berdampak pada Pemelajaran Profesional Guru dalam Konteks Budaya: Social Network Analysis = Pattern Analysis of School Leadership Relations Affecting Teacher Professional Learning in Cultural Context: Social Network Analysis

Lita Mariana; Mone Stepanus Andrias, supervisor; Riani Rachmawati, examiner; Muhammad Irfan Syaebani, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Para peneliti telah mencoba mengidentifikasi 'jalur' praktik kepemimpinan kepala sekolah yang berdampak paling signifikan pada peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Di sisi lain, terdapat bukti bahwa pengaruh kepemimpinan sekolah terhadap pemelajaran siswa bersifat tidak langsung melalui pemelajaran profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kepemimpinan dalam organisasi sekolah menggunakan pendekatan analisis jejaring sosial (SNA) dalam konteks budaya di satuan pendidikan kerjasama (SPK) Indonesia. Desain survei daring cross-sectional digunakan untuk mengumpulkan data dari SPK yang menjadi subyek multiple case study ini. SNA diterapkan untuk mengeksplorasi pola relasi kepemimpinan formal dan informal serta pengaruhnya terhadap pemelajaran profesional guru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun kepala sekolah masih memiliki pengaruh paling signifikan, terdapat individu-individu yang menjadi pemimpin informal yang berpengaruh terhadap pemelajaran profesional guru. Kehadiran dan identifikasi pemimpin informal ini adalah bukti penerapan kepemimpinan terdistribusi (distributed leadership), sebagai praktik kepemimpinan paling efektif berdasarkan konteks budaya dan organisasi sekolah subyek.

Researchers have attempted to identify the 'pathways' of school leadership practices that have the most significant impact on improving the quality of teaching and learning. On the other hand, there is evidence that the influence of school leadership on student learning is indirect through teachers' professional learning. This study aims to investigate leadership practice in school organizations using a social network analysis (SNA) approach within the cultural context of Indonesian international schools. A cross-sectional online survey design was used to collect data from the subject schools of this multiple case study. SNA was applied to explore the patterns of formal and informal leadership relations and their influence on teachers' professional learning. The research findings indicate that although school principals still have the most significant influence, there are individuals who serve as informal leaders that have an impact on teachers' professional learning. The presence and identification of these informal leaders provide evidence of the practice of distributed leadership, as the most effective leadership practice based on the cultural context and the subject school organization.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Lita Mariana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 109 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-96564073 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920527656