:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Peran Perpustakaan Umum dalam Mengakomodasi Kebutuhan Untuk Anak Neurodivergen di Indonesia: Studi Pada Perpustakaan Jakarta-Cikini = The Role of Public Libraries in Accomodating the Needs of Neurodivergent Children in Indonesia: Studies at the Jakarta-Cikini Library

Fina Idamatussilmi; Kiki Fauziah, supervisor; Indira Irawati, examiner; Yeni Budi Rachman, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Perpustakaan memiliki peluang untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi individu neurodivergen dan mempromosikan pentingnya akses inklusif ke semua orang di komunitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk fasilitas dan program yang telah disediakan oleh Perpustakaan Jakarta-Cikini yang dapat berperan dalam mengakomodasi kebutuhan anak-anak neurodivergen. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Informan dipilih melalui metode purposive sampling. Penjaringan data dilakukan dalam kurun waktu empat bulan sejak bulan Maret 2023 sampai Juni 2023 dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan layanan anak penanggung jawab layanan inklusi, dan pendamping anak neurodivergen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan fasilitas dan program di Perpustakaan Jakarta-Cikini sudah berperan dalam mengakomodasi kebutuhan anak neurodivergen. Akomodasi berbagai permainan yang ada di Bilik Bercerita dan pelaksanaan beberapa program di Bilik Bermain yang berkaitan dengan aktivitas sensorik dan motorik mendukung kebutuhan anak neurodivergen. Dilaksanakan pula pelatihan terhadap staf perpustakaan demi melayani pemustaka disabilitas mental dan intelektual. Hambatan yang dialami oleh Perpustakaan Jakarta-Cikini berupa anggaran untuk fasilitas yang dibutuhkan oleh pemustaka neurodivergen dan kesulitan menjadwalkan waktu pelatihan staf perpustakaan. Dengan ini, Perpustakaan Jakarta-Cikini diharapkan dapat memahami pentingnya akomodasi kebutuhan untuk anak neurodivergen sehingga dapat terus meningkatkan layanan.

Libraries have the opportunity to create a welcoming environment for neurodivergent individuals and promote the importance of inclusive access to everyone in the community. This research aims to identify the forms of facilities and programs that have been provided by the Jakarta-Cikini Library that can play a role in accommodating the needs of neurodivergent children. This research was conducted using a qualitative approach and case study method. Informants were selected through purposive sampling method. Data collection was carried out over a period of four months from March 2023 to June 2023 using observation, interview, and documentation techniques. The informants in this study are children's services librarians who are in charge of inclusion services, and neurodivergent children's assistants. The results of this study indicate that the existence of facilities and programs at the Jakarta-Cikini Library has played a role in accommodating the needs of neurodivergent children. The accommodation of various games in the Storytelling Room and the implementation of several programs in the Play Room related to sensory and motor activities support the needs of neurodivergent children. Training was also conducted for library staff to serve mentally and intellectually disabled users. Barriers experienced by Jakarta-Cikini Library include budget for facilities needed by neurodivergent users and difficulty scheduling library staff training time. With this, Jakarta-Cikini Library is expected to understand the importance of accommodating the needs of neurodivergent children so that it can continue to improve its services.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Fina Idamatussilmi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : computer
Deskripsi Fisik : 35 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-51634002 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920528354