Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : computer (rdamedia)
Tipe Carrier : online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : 91 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-11571829 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920528441
 Abstrak
Hipertensi sebagai beban kesehatan paling besar dan terabaikan di dunia membutuhkan upaya kontrol salah satunya kepatuhan minum obat. Perilaku kepatuhan minum obat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh faktor persepsi sehat terhadap kepatuhan minum obat hipertensi. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional kepada 110 responden penderita hipertensi dan dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara varibel persepsi sehat dengan kepatuhan minum obat  pada penderita hipertensi dengan p value 0,204. Pada penelitian selanjutnya, perlu diteliti terkait faktor-faktor yang menghambat kepatuhan minum obat penderita hipertensi. ......Hypertension as the biggest and most neglected health burden in the world requires control efforts, one of which is medication adherence. Medication adherence behavior can be influenced by various factors. This study aims to examine the influence of perceived health factors on hypertension medication adherence. This study was an analytic observational study with cross-sectional approach to 110 respondents with hypertension and was analyzed with the chi-square test. The results showed that there was no significant relationship between health perception and medication adherence among hypertensive patient with  p value 0,204. In future research, it is necessary to examine the factors that hinder medication adherence in hypertensive patient.