:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Teknik Humor dalam Anime Asobi Asobase = Humor Techniques in The Anime Asobi Asobase

Muhammad Hafizh Naufal; Ariestyani Wahyu Perwitasari, supervisor; Filia, examiner; Lea Santiar, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Meski humor tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, memahaminya tidaklah mudah karena humor mencakup berbagai nuansa budaya, gaya, dan bentuk. Salah satu cara untuk memahami humor adalah dengan memahami bagaimana humor disajikan, seperti yang termuat di dalam anime Asobi Asobase. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan teknik humor dan bagaimana teknik humor dimunculkan dalam anime Asobi Asobase. Teori yang digunakan adalah teori humor ketaksesuaian serta teknik humor Juckel, Bellman, dan Varan yang didasari oleh teknik humor Berger. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitiatif. Data yang digunakan adalah adegan yang mengisyaratkan adanya humor dalam tuturan atau tindakannya. Data dikumpulkan dengan cara simak dan catat. Penelitian ini menemukan adanya lima puluh tujuh data adegan tuturan atau tindakan yang mengandung humor, yang diwakilkan dengan sepuluh data yang dipaparkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari empat kategori humor Berger, humor logika seperti teknik kemustahilan dan kejutan konsep, serta kategori humor gerak seperti teknik kekikukan menjadi humor dominan dalam anime Asobi Asobase.

Although humor is an inseparable aspect of human life, comprehending it proves challenging due to its diverse cultural nuances, styles, and forms. One way to grasp humor is by understanding how it is presented, as is the case in the anime Asobi Asobase. This research aims to elucidate the humor techniques and how they are manifested in the anime Asobi Asobase. The theoretical framework utilized includes the incongruity theory of humor and the humor techniques proposed by Juckel, Bellman, and Varan, based on Berger's humor techniques. This study employs a descriptive analysis method with a qualitative approach. The data that is used are scenes suggesting the presence of humor through utterances or actions. Data were collected through observation and notation. This study found a total of fifty-seven data of humor-containing utterances or actions, of which ten represented data are presented. This study concludes that among Berger's four humor categories, logical humor, such as techniques of absurdity and conceptual surprise, as well as action humor, such as techniques of clumsiness, stand out as the dominant humor techniques in the anime Asobi Asobase.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Muhammad Hafizh Naufa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : Text
Tipe Media : Computer
Tipe Carrier : Online resource
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-24-45093781 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920529237