:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengujian Kelayakan Unit Mata Uang Regional ASEAN: Investigasi Kriteria Symmetric Shock = Testing the Feasibility of ASEAN Currency Unit: Investigation of Symmetric Shocks Criterion

Hadyan Prabowo; Mohamad Ikhsan, supervisor; Beta Yulianita Gitaharie, examiner; Sugiharso, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Studi ini menguji kelayakan pembentukan unit mata uang regional di dalam ASEAN. Analisis yang dievaluasi adalah terkait apakah ASEAN telah merespon shock yang berasal baik dari dalam ASEAN maupun dari luar kawasan secara simetrik. Metode Global VAR yang dikembangkan Dees, Di Mauro, Pesaran, dan Smith (2007) digunakan di dalam penelitian ini agar representasi perekonomian secara global dan keterkaitan antar negara dapat tercermin di dalam model. Studi menunjukan respons simetri yang bervariasi bergantung dari jenis shock yang terjadi. Dalam banyak kasus, shock yang berasal dari luar kawasan mendorong penyesuain yang simetrik terutama variabel output, yang menunjukan respons simetri paling kuat. Di sisi lain, shock yang berasal dari dalam kawasan ASEAN cenderung idiosyncratic atau khusus. Hal ini disebabkan karena sinkronisasi respons ASEAN didorong lebih kuat oleh faktor global dibandingkan intra-regional.

This study aims to analyze the feasibility of ASEAN in establishing a formation of a currency union. The analysis determines whether ASEAN economies experience symmetric responses to external and intra-ASEAN shocks. A Global VAR technique by Dees, Di Mauro, Pesaran, and Smith (2007) is used to capture a representation of the global economy and interdependence between countries. The result of this study provides mixed evidence of response symmetry. In many cases, external shocks generally lead to symmetrical adjustment, in which output shows remarkable response symmetry. On the other hand, Intra-ASEAN shocks are idiosyncratic because ASEAN response synchronization is driven more strongly by a common or global effect rather than an intra-regional one.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Hadyan Prabowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 60 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-76504143 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920529440