:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis implementasi edukasi perawatan post operasi di ruang rawat inap oleh perawat = Analysis of implementation of post-operative care education in inpatient room by nurses

Annisa Ihda Tartila; Shanti Farida Rachmi, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Perawatan pasca operasi adalah perawatan yang diterima pasien sesudah dilakukan tindakan pembedahan, dimulai setelah prosedur pembedahan hingga selesainya masa rawat inap pasien di rumah sakit. Dua puluh empat jam pertama pasca operasi adalah periode awal pemulihan pasien setelah menjalani anestesi umum atau regional yang membutuhkan pemantauan dan perawatan khusus. Selama periode ini, perawat bertanggungjawab dalam perencanaan dan pelaksanaan perawatan pasca operasi. Salah satu peran penting perawat adalah sebagai edukator yang mengedukasi pasien agar memahami kondisi pasca operasi dan hal- hal yang harus diperhatikan untuk mencegah komplikasi serta mencapai derajat kesehatan yang optimal. Laporan kasus ini menganalisis implementasi edukasi perawatan post operasi pada 24 jam awal pasca operasi oleh perawat serta rekomendasi untuk mengoptimalkan implementasi. Penilaian implementasi dilakukan dengan observasi partisipatif dan wawancara. Hasil wawancara didapatkan dalam 24 jam periode awal pasca operasi 40% perawat melakukan edukasi. Hambatan yang ditemukan perawat dalam mengimplemetasikan edukasi pasca operasi pada periode awal adalah beban kerja dan keterbatasan sumber daya manusia. Pembuatan tools edukasi periode awal pasca operasi dapat membantu meningkatkan implementasi edukasi perawatan post operasi oleh perawat.

Postoperative care is the care that patients receive after surgery, starting from post surgical procedure until the end of the patient's care in the hospital. First twenty-four hours post-operative is the initial period of recovery for a patient after anesthesia which requires special monitoring and care. During this period, the nurse is responsible for planning and implementing postoperative care. One of the important roles of nurses is as educators who educate patients to understand postoperative conditions and things that must be considered to prevent complications and achieve optimal health status. This case report analyzes the implementation of postoperative care education in the first 24 hours after surgery by nurses and recommendations for optimizing implementation. Implementation assessment was carried out by participatory observation and interviews. The results of the interviews were obtained within 24 hours of the initial postoperative period, 40% of nurses provided education. Obstacles found by nurses in implementing postoperative education in the early period were workload and limited human resources. Making educational tools for the early postoperative period can help improve the implementation of postoperative care education by nurses.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Annisa Ihda Tartila.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 28 pages; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-24-18703417 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920529510