:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

PENGARUH GAYA BERPAKAIAN DAN RUANG TERHADAP LIKEABILITY, PERSONALITY TRAITS, DAN KECENDERUNGAN MEMILIH KANDIDAT POLITIK (Studi Eksperimental Terhadap Mahasiswa Program Sarjana Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara, Serpong) = THE INFLUENCE OF CLOTHING STYLE AND SETTING ON THE LIKEABILITY, PERSONALITY TRAITS, AND TENDENCY TO VOTE THE CANDIDATE. (Experimental Study On Undergraduate Student Of Multimedia Nusantara University, Serpong)

Indira Permanasari; Eriyanto, supervisor; Irwansyah, examiner; Firman Kurniawan Sujono, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah isyarat pintas visual, dalam penelitian ini ialah gaya berpakaian dan seting ruang berpengaruh terhadap evaluasi kandidat yakni kemenarikan sosial (likeability), ciri kepribadian pemimpin (personality traits), dan kecenderungan untuk memilih kandidat. Pengaruh dilihat setelah subyek penelitian mendapatkan sebuah selebaran politik yang berisi gambar kandidat dengan gaya berpakaian dan ruang tertentu.
Metode yang digunakan ialah eksperimen laboratorium. Penelitian menggunakan desain post experiment dengan empat kelompok perlakuan dan satu kelompok kontrol. Masing-masing kelompok mendapatkan paparan stimulus atau perlakuan berbeda. Setelah itu, perbedaan rerata dari variabel yang diukur dari masing-masing kelompok akan diamati.
Lewat rangkaian uji beda untuk membandingkan respon masing-masing kelompok ditemukan bahwa isyarat visual berupa paduan gaya berpakaian dan seting/ruang dapat memunculkan respon berbeda. Isyarat pintas gaya pakaian dan ruang mampu memunculkan respon yang berbeda signifikan antar kelompok yakni persepsi terhadap kemenarikan kandidat (likeability). Temuan lain ialah isyarat pintas visual dapat memunculkan respon berbeda pada kecenderungan responden untuk ingin memilih kandidat atau tidak

This study aimed to see whether visual cues, in this case are clothes in a particular style and settings, affect the evaluation of the candidate (likeability, personality traits, and tendency to vote). The effects are observed after the study subjects get a political leaflets containing pictures of candidate with certain clothing style and setting.
The method used in this study was a laboratory experiment. Researcher used post design experiment with four treatment groups and one control group. Each group get exposure to a stimulus or a different treatment. Then, the researchers observed differences between the mean of the measured variable of each group.
Through a series of different tests to compare the responses of each group, the researcher found that different clothing style and setting can bring different responses.Visual cues able to raise the perception of the attractiveness and likeability of candidate. Another thing that is not less interesting is the visual cues can also give a different response to the desire to choose a candidate or not.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Indira Permanasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 122 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-39146909 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920532138