:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Rancang Bangun Monitoring pada DC House Berbasis IoT (Internet of Things) = Design Monitoring in DC House base IoT (Internet of Things)

Muhamad Ridho; I Made Ardita Y., supervisor; Budi Sudiarto, examiner; Fauzan Hanif Jufri, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Seiring berjalannya waktu penggunaan listrik semakin meningkat tidak dapat di pungkiri lagi bahwa penggunaan listrik sudah menjadi kebutuhan bagi semua manusia, namun orang yang tinggal di pedalaman sulit untuk mendapatkan akses listrik, maka dari itu di kembangkannya DC house agar penduduk yang tinggal jauh dari kota dapat menikmati listrik dengan mudah. dengan memanfaatkan momentum teknologi yang semakin berkembang, kini juga telah dikembangkan sebuah pengaplikasian rumah pintar yang memanfaatkan teknologi. Salah satu pengembangannya adalah Internet of Things (IoT), IoT tersebut memudahkan kita untuk memantau beban listrik secara nirkabel dengan terhhubung pada koneksi internet. Jadi para pengguna DC House ini bisa memantau kondisi listrik yang terjadi melalui handphone mereka. Dengan menggunakan sensor PZEM-017 kita dapat melihat informasi mengenai tegangan, arus, dan daya yang sedang digunakkan di rumah kita melalui handphone dengan bantuan mikrokontroller Node MCU (ESP-12E) semua itu dapat terkirim ke handphone melalui jaringan internet.

As time goes by, the use of electricity has increased, it cannot be denied that the use of electricity has become a necessity for all humans, but people living in rural areas find it difficult to get access to electricity, therefore DC houses are developed so that residents who live far from the city can enjoy electricity easily. By taking advantage of the growing momentum of technology, now a smart home application that utilizes technology has also been developed. One of its developments is the Internet of Things (IoT), the IoT makes it easier for us to monitor electrical loads wirelessly by connecting to an internet connection. So DC House users can monitor the condition of the electricity through their cellphones. By using the PZEM-017 sensor we can see information about the voltage, current, and power that is being used in our homes via cellphones with the help of a MCU Node microcontroller (ESP-12E), all of which can be sent to cellphones via

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhamad Ridho.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 54 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-32621978 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920533069