:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perdagangan Indonesia dengan Argentina Periode 2008-2013 = Indonesian Trade with Argentina in the Period 2008-2013

Hasbi Asyidiqi; Ali A. Wibisono, supervisor; Asra Virgianita, supervisor; Edy Prasetyono, examiner; Lumban Tobing, Fredy Buhama, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami alasan di balik perdagangan Indonesia dengan Argentina pada periode 2008-2013. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Mengapa Indonesia tetap melakukan perdagangan dengan Argentina pada tahun 2008 hingga 2013 padahal neraca perdagangannya defisit?”. Melalui kerangka berpikir economic nationalism, hasil penelitian menemukan bahwa, sejalan dengan nilai sejarah politik yang kuat di antara ke duanya, Indonesia mempunyai kepentingan akses pasar (trade policy) dan penguatan industri dalam negeri (industrial policy). Akses pasar dalam hal ini terkait kepentingan Indonesia yang menjadikan Argentina sebagai hub di kawasan Amerika Selatan. Adapun dalam hal penguatan industri dalam negeri, tidak terlepas dari kebutuhan penguatan industri peternakan melalui impor pakan ternak dari Argentina.

This study aimed to understand the reasons behind trade relations between Indonesian with Argentina in the period 2008-2013. The problem of this study is “Why did Indonesia trade with Argentina in the period 2008 until 2013, although Indonesia has trade deficit?”. In line with historical politics between Indonesia and Argentina, trough economic nationalism framework, the result of this study, Indonesia has interest to expand the market (trade policy) and to strengthening the national industry (industrial policy). Expanding the market related with the interest of Indonesia to make the position of Argentina as hub in South America. The strengthening the national industry related with to strengthen farm industry trough imported of animal fodder from Argentina.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Hasbi Asyidiqi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 109 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-46196960 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920533420