:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penerapan Metode Lean pada Lama Waktu Tunggu Pelayanan Rekam Medis RSUD dr. HM. Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2016 = Implementation of Lean Method on Waiting Time of Medical Record Services at dr. HM. Rabain Hospital Muara Enim in 2016

Ingguan Novantri; Dumilah Ayuningtyas, supervisor; Adang Bachtiar, examiner; Vetty Yulianty Permanasari, examiner; Djoni Darmajaya, examiner; Hermina M Basrie, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Metode lean pada akhir ini telah banyak dikembangkan untuk efisiensi kerja.
Langkah awal dalam mengimplementasikan lean adalah meningkatkan produktivitas semua sumberdaya yang ada. Rekam medis adalah salah satu sarana pendukung untuk pelayanan kesehatan pasien di rumah sakit, pemborosan yang paling umum di pelayanan rekam medis berhubungan dengan dokumen dan pengolahan data. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode lean lama waktu tunggu pada pelayanan rekam medis rawat jalan di RSUD dr. HM Rabain Muara Enim tahun 2016. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah observasional action process research, menggunakan pedoman metode lean untuk melihat dan memotret kondisi alur proses pelayanan pasien rekam medis rawat jalan. Hasil penelitian setelah melakukan analisis projected future state dengan usulan alur pelayanan kedepan disertai simulasi metode lean yaitu 5S, Kanban inventory, visual management, dan takt time maka diperoleh cycle
time diperpendek 16.4% dan eliminasi waste sebesar 98%. Saran untuk senantiasa
menerapkan metode lean di unit kerja masing-masing dengan semangat Kaizen
(continuous improvement) dan Heijunka (pemerataan beban kerja).

Nowadays, lean method has been developed for work–efficiency. The first step in implementing lean is increasing of resources. Medical record is one of supporting facility in hospital healthcare services, which the most wasted is correlated with document and data process. The aim of this study is to analyze the implementation of lean method on waiting time of medical record services at dr.
HM. Rabain Hospital Muara Enim in 2016. The study method is observational action process research using lean method guideline to see and capture the flow of outpatient medical record. After analyzing projected future state with the purpose of future service using lean method simulation; 5S, Kanban Inventory, Visual management and takt time, so the result of this study are 16.4% of shortened cycle time and 98% of eliminating waste. It is always advisable to implementate lean
method in several units by Kaizen (continuous improvement) and Heijunka (Keeping average workload)

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ingguan Novantri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 138 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-32856394 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920533579