:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Karakteristik Akustik Ruang Studio Musik dalam Bangunan Ruko (Studi Kasus: Aktifa Music Studio) = Acoustical Characteristics of a Music Studio in a Ruko Building (Case Study: Aktifa Music Studio)

Muhamad Fauzan Wicaksono; Legoh, Finarya S., supervisor; Baskoro Laksitoadi, examiner; Ova Candra Dewi, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai karakteristik akustik ruang studio sebagai tempat bermain dan merekam musik yang ditampung dalam bangunan ruko. Jenis bangunan ini memiliki karakteristik: ruang yang terbatas, lokasi yang ramai, dan dinding yang bersentuhan dengan bangunan yang bersebelahan. Desain akustik yang diterapkanpun harus menyesuaikan dengan karakteristik tersebut. Aspek yang perlu dipertimbangkan adalah: pengaturan reverberation time, isolasi bunyi, dan penataan ruang dalam studio. Karakter akustik ruang studio dianalisis menggunakan pengamatan langsung ke lapangan dan penghitungan rumus reverberation time dan STL. Studi ini juga akan membahas mengenai perbaikan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pengalaman akustik dalam studio untuk bermain dan merekam musik. Hasil studi ini diharapkan akan pentingnya perencanaan desain akustik dalam studio musik ruko

This study discusses the acoustical characteristics of a Music Studio as a space for playing and recording music in a “ruko” building. This type of building has a few characteristics: limited space, crowded location, and connected boundaries with it’s neighboring buildings. The acoustic design that needs to be applied has to adapt to these characteristics. The aspects considered are: reverberation time, noise isolation, and space configuration inside the studio itself. The acoustical characteristics of the studio is analyzed with a field study and reverberation time and STL calculations. This study will also discuss applicable improvements to the quality of acoustical experience in the studio as a space for playing an recording music. This study shows the importance of acoustical design planning for “Ruko” music studios.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhamad Fauzan Wicaksono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 69 pages : illustrations + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-04045183 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920533631