:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Matrifocality dalam webtoon Aideureun Jeulgeobda. Kajian Pustaka dengan Pendekatan Psikoanalisis = Matrifocality in Aideureun Jeulgeobda Webtoon. A Literature Study with Psychoanalytical Approach.

Rani Qurotu Aini; Aldrie Alman Drajat, supervisor; Zaini, examiner; Eva Latifah, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Skripsi ini membahas pengaruh dominasi peran ibu terhadap anak yang ditampilkan dalam webtoon Aideureun Jeulgeobda. Pembahasan dalam skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikoanalisis sastra dan dikaitkan dengan fenomena matrifocality di Korea. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran ibu dan anak dalam keluarga dapat dilambangkan sebagai id, ego, dan superego yang membentuk pribadi manusia. Selanjutnya terlihat adanya perbedaan bentuk kepribadian antara anak yang didominasi oleh peran ibu dan yang tidak di Korea Selatan.

This undergraduate thesis discusses the mother’s dominance of the children showed in webtoon Aideureun Jeulgeobda. The study in this undergraduate thesis uses qualitative research with literature study as its method of research. The theory that will be used in this research is psychoanalysis in literature and will be attributed with matrifocality phenomenon in South Korea. This research concludes that the mother and children’s roles in family can be symbolized as id, ego, and superego which formed the human personality. Also it can be seen that there are differences between the child who has dominant mother and the child who doesn’t in South Korea.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rani Qurotu Aini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 55 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-47943734 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920535142