:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Perkembangan Visual dalam Teori Sekuritisasi = Visual Developments in Securitization Theory

Arung Rhaka Agni; Evi Fitriani, supervisor; Yandry Kurniawan, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Perkembangan teknologi media visual, kejadian fenomenal, dan perdebatan teoretis mengenai hubungan visual dan kebijakan luar negeri mendorong para penulis keamanan untuk memasukkan analisis visual dalam proses sekuritisasi. Tulisan ini berusaha mengaji perkembangan tulisan-tulisan analisis visual dalam Teori Sekuritisasi. Pengelompokan literatur dalam tulisan ini menggunakan metode tipologi. Tulisan ini mengidentifikasikan empat tema besar yang umumnya menjadi fokus dalam pembahasan literatur mengenai visual dalam Teori Sekuritisasi: pertama, perkembangan Teorisasi Sekuritisasi Visual; kedua, penggunaan Sekuritisasi Visual oleh aktor sekuritisasi; ketiga, pembahasan visual dalam perannya untuk membangkitkan emosi audiens dan; keempat, pembahasan dampak genre media sekuritisasi visual atas konstruksi ancaman terhadap referent object. Dari keempat tema tersebut pembahasan mengenai teori sekuritisasi visual merupakan pembahasan yang paling banyak ditulis oleh para peneliti. Dengan mayoritas peneliti menuliskan pendefinisian Teori Sekuritisasi Visual dan bagaimana sebuah visual dapat bekerja dalam kerangka kerja sekuritisasi. Perdebatan yang muncul dari tulisan mayoritas ini adalah mengenai peran visual dalam mengonstruksikan keamanan; apakah melalui speech-act atau dapat mengonstruksikan keamanan dengan cara baru. Sementara itu, tema lain yang cukup banyak ditulis adalah mengenai penilaian para peneliti tentang dampak genre visual atas konstruksi ancaman terhadap referent object. Tulisan ini menemukan bahwa para peneliti keamanan melihat peran sentral visual sebagai bagian dari proses sekuritisasi, tetapi masih belum sepakat mengenai ketepatan peran visual dalam kerangka kerja sekuritisasi. Selain itu tulisan ini menemukan bahwa simbol/ ikon merupakan genre visual yang memiliki kemungkinan sekuritisasi paling tinggi, sebagai contoh gambar ikon ‘Aisha’ di sampul majalah TIME yang mendorong terjadinya debat dalam hal keberlanjutan intervensi militer Amerika Serikat ke Afganistan. Tulisan-tulisan yang membahas visual dalam Teori Sekuritisasi banyak berbicara mengenai konsep internal dari sekuritisasi seperti peran visual dalam kerangka kerja speech-act. Namun, sampai saat ini masih belum banyak tersedia tulisan yang membahas tentang peran emosi dan peran audiens dalam konstruksi keamanan melalui visual.

The development of visual media technology, phenomenal events, and theoretical debates regarding visual relations and foreign policy prompted security writers to include visual analysis in the securitization process. This paper attempts to examine the development of visual analysis writings in Securitization Theory. The literature grouping in this paper uses the typology method. This paper identifies four major themes that are generally the focus in the literature on visual discussions in Securitization Theory: first, the development of Visual Securitization Theory; second, the use of Visual Securitization by securitization actors; third, visual discussion in its role to evoke audience emotions and; fourth, the discussions of the impact of the visual genre on threat construction of the referent object. From the four major themes, the discussion most written by researchers is about visual securitization theory. Majority of this writing is about the definition of Visual Securitization Theory and how a visual can work within the framework of securitization. The debate that emerges from this majority paper is about the visual position in constructing security, whether visual helps speech-act or can construct security in a new way. Meanwhile, another theme that has been written quite extensively is the researchers' assessment of the impact of the visual genre on threat construction of the referent object. This paper finds out that security researchers see the central role of visuals as a part of the securitization process, but they still disagree about the appropriateness of visuals within the securitization framework. In addition, this paper finds out that symbols/icons are visual genres that have the highest possibility of securitization, as an example an iconic image of ‘Aisha’ on the cover of TIME magazine provokes the debate of the continuation of US military intervention to Afghanistan. Writings that discuss visuals in Securitization Theory mainly concern about the internal concept of securitization such as the visual role in the speech-act framework. However, there are not many literature available discussing the role of emotions and the role of audience in security construction through visuals.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Arung Rhaka Agni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 66 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-38841415 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920535490