:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Koneksi Politik Terhadap Trade-Off Antara Real Earnings Management Dan Accrual Earnings Management Dengan Kepemilikan Keluarga Sebagai Variabel Moderasi = The Effect of Political Connection to the Trade Off Between Real Earnings Management and Accrual Earnings Management with Family Ownership as Moderating Variable

Akib Panduarbyanto; Ratna Wardhani, supervisor; Chaerul D. Djakman, examiner; Purwatiningsih, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh koneksi politik terhadap substitusi/trade off antara real earnings management dan accrual earnings management. Selanjutnya penelitian ini juga membahas tentang pengaruh kepemilikan keluarga dalam memoderasi hubungan antara koneksi politik dengan substitusi/trade-off antara real earnings management dan accrual earnings management.
Penelitian dilakukan atas perusahaan manufaktur yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa koneksi politik berpengaruh positif terhadap tingkat real earnings management. Perusahaan juga terbukti melakukan trade-off antara accrual earnings management dengan real earnings management. Selanjutnya, jika dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki koneksi politik, perusahaan dengan koneksi politik memiliki kecenderungan untuk melakukan trade-off dan mensubstitusikan antara accrual earnings management dengan real earnings management. Perusahaan dengan koneksi politik juga terbukti cenderung untuk menggunakan kombinasi real earnings management yang tinggi dan accrual earnings management yang rendah.
Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa kepemilikan keluarga tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memoderasi hubungan trade-off antara accrual earnings management dengan real earnings management pada perusahaan dengan koneksi politik.
Selanjutnya, hasil penelitian tidak menunjukkan adanya pengaruh moderasi dari kepemilikan keluarga terhadap hubungan trade-off antara accrual earnings management dengan real earnings management pada perusahaan dengan koneksi politik.

This study aims to investigate the influence of political connection against the trade-off between real earnings management and accrual earnings management. This study also aims to determine whether family ownership has moderating effect on relationship between political connection and the trade-off between real and accrual earnings management.
Using sample of manufacturing company listed on Indonesia Stock Exchange between 2011-2015, this study finds that political connection has positive impact on real earnings management. This study also find that firms substitutes between real and accrual earnings management. Furthermore, compared with non-connected firms, connected firms are more likely to substitute accrual earnings management for real earnings management. This study also found the tendency for connected firms to use a combination between high level of real earnings management and low accrual earnings management.
This study also finds that family ownership do not have moderating effect on the trade-off between accrual earnings management and real earnings management on connected firms.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Akib Panduarbyanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 77 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-92430471 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920535679