:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbandingan Pengaruh Karakteristik Top Management Team terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan BUMN dan Terbuka = Comparison of the Influence of Top Management Team's Characteristics To Company Value on State-Owned Enterprise and Tbk

Rezki Hendrawan; Hilda Rossieta, supervisor; Siregar, Sylvia Veronica Nalurita Purnama, examiner; Evony Silvino Violita, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik Top Management Team (TMT) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan BUMN dan TBK. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 286 perusahaan yang terdiri dari 193 perusahaan BUMN dan 93 perusahaan TBK. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling pada rentang waktu 2012 sampai dengan 2016. Karakterisik yang dicakup dalam penelitian ini adalah Usia, Gender, Tingkat Pendidikan, Kesesuaian Pendidikan, Ukuran Dewan, dan Masa Jabatan. Sedangkan nilai perusahaan dilihat dari Return on Assets (ROA). Bukti empiris yang didapatkan pada penelitian ini adalah terdapat karakteristik TMT yang memiliki pengaruh sama dan juga berbeda pada perbandingan perusahaan BUMN dan perusahaan Terbuka. Persamaan pengaruh karakteristik TMT ditemukan pada karakter keberadaan anggota Direksi perempuan yang berdampak negatif pada ROA. Sedangkan karakter TMT yang lain seperti usia, tingkat pendidikan, kesesuaian pendidikan, masa jabatan serta ukuran anggota TMT memiliki pengaruh yang berbeda pada perusahaan BUMN dan perusahaan Terbuka baik di tingkat Direksi maupun Dewan Komisaris. Karakter TMT yang lebih  berpengaruh negatif pada kinerja perusahaan BUMN dibanding perusahaan Terbuka adalah usia dan masa jabatan. Sementara karakter TMT yang lebih berpengaruh negatif pada perusahaan Terbuka dibanding perusahaan BUMN adalah karakter tingkat pendidikan, kesesuaian pendidikan dan ukuran anggota TMT.

This study aims to determine the effect of Top Management Team (TMT) characteristics on the value of companies in state-owned enterprises and TBK. The sample used in this research is 286 companies consisting of 193 state enterprises and 93 companies TBK. Sampling method using purposive sampling in the period 2012 to 2016. Characteristics covered in this study are Age, Gender, Education Level, Education Suitability, Board Size, and Term of Office. While the value of the company seen from Return on Assets (ROA). Empirical evidence obtained in this study is that there are TMT characteristics that have the same effect and also different on the comparison of state-owned companies and companies Open. The similarity effect of TMT characteristic is found on the character of the existence of female Directors member which has negative impact on ROA. While other TMT characters such as age, educational level, suitability of education, tenure and size of TMT members have different influence on SOEs and Open companies both at the Board of Directors and Board of Commissioners. TMT characters that have more negative effect on the performance of BUMN companies than Open companies are age and tenure. While TMT characters that have more negative effect on Open companies than state-owned companies are the character of education level, education suitability and size of TMT members.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rezki Hendrawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 80 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-55114181 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920535787