Saat ini, Asrama Universitas Indonesia memiliki website yang menampilkan informasi umum yang dibutuhkan mahasiswa. Namun website Asrama Universitas Indonesia saat ini terbilang masih memiliki permasalahan dari informasi yang disajikan dan tampilan antarmukanya. Di sisi lain, layanan Asrama yang seharusnya dapat diakses melalui website untuk memudahkan penghuninya saat ini masih harus dilakukan secara langsung ke Tata Usaha Asrama Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada layanan dan website Asrama Universitas Indonesia serta memberikan solusi berupa rancangan desain antarmuka alternatif sehingga dapat meningkatkan usabilitas dan pengalaman penggunanya. Solusi perancangan desain alternatif pada penelitian ini dilakukan dengan metode User Centered Design dengan menerapkan prinsip-prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Untuk mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh pengguna, penulis melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner daring dan system usability scale kepada setiap segmen pengguna layanan dan website Asrama Universitas Indonesia. Berdasarkan data yang dikumpulkan tersebut didapat daftar permasalahan dan saran dari pengguna, keluhan dan saran tersebut digunakan untuk merancang solusi berupa desain antarmuka alternatif website Asrama Universitas Indonesia dengan penambahan fitur layanan di dalamnya. Setelah proses perancangan desain antarmuka alternatif selesai, dilakukan evaluasi terhadap desain tersebut dengan menggunakan usability testing dan system usability scale. Hasil evaluasi desain alternatif dengan menggunakan usability testing mendapatkan hasil yang baik dengan rata-rata success rate sebesar 95,97% dan skor yang didapat dari system usability scale yaitu sebesar 88,86 yang mana merupakan hasil di atas rata-rata yang menunjukkan bahwa desain antarmuka alternatif yang dirancang telah baik dari sisi usabilitas. Dengan demikian, penerapan UCD dan Eight Golden Rules dalam perancangan desain antarmuka serta perbaikan dan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan pengguna dapat membantu dalam meningkatkan usabilitas dan pengalaman penggunanya dalam menggunakan layanan di Asrama Universitas Indonesia. Currently, the University of Indonesia Dormitory has a website that displays general information needed by students. However, the website of the University of Indonesia Dormitory is still facing issues regarding the information presented and its user interface. On the other hand, the services provided by the dormitory, which should be accessible through the website to facilitate its residents, still require direct interaction with the Dormitory Administration. This research aims to identify the problems in the services and website of the University of Indonesia Dormitory and propose a solution in the form of an alternative interface design to improve usability and user experience. The solution of alternative design in this research is carried out using the User-Centered Design method by applying Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design principles. To identify the problems faced by users, interviews were conducted, online questionnaires and the System Usability Scale were distributed to each segment of users of the services and website of the University of Indonesia Dormitory. Based on the collected data, a list of problems and user suggestions was obtained. These complaints and suggestions were then used to design an alternative interface solution for the website of the University of Indonesia Dormitory, including the addition of service features. After the process of designing the alternative interface was completed, an evaluation was conducted using Usability Testing and the System Usability Scale. The results of the evaluation of the alternative design using Usability Testing yielded good results, with an average success rate of 95.97% and a System Usability Scale score of 88.86, which is above average. This indicates that the designed alternative interface is well-implemented in terms of usability. Thus, the application of UCD and the Eight Golden Rules of interface design, as well as the improvement and addition of features according to user needs, can help enhance the usability and user experience in utilizing the services at the University of Indonesia Dormitory. |