Mewujudkan pelayanan publik dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik: Peran diskominfo provinsi Jawa Tengah pada 2018-2023
Suharyo Joko Purnomo;
(Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), 2023)
|
Dampak kemajuan teknologi digital membuat Pemerintah harus bertransformasi dari yang bersifat Government Centric menjadi Society Centric. Layanan publik harus jadi cepat, tepat, mudah dan murah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Diskominfo sepanjang 2018-2023 giat meningkatkan pelayanan publik melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hasilnya, capaian Indeks SPBE telah melampaui target akhir RPJMD, dari 2018 sebesar 3,24 menjadi 3,68 pada 2023. Capaian Indeks SPBE yang telah melampaui target pembangunan akan berpengaruh positif pada peningkatan pelayanan publik Diskominfo. Tingkat kematangan pelayanan publik Diskominfo menunjukkan kenaikan level dari rentang 3-4 menjadi 3-5. Meskipun demikian, masih ditemukan kekurangan terkait implementasi pelayanan publiknya. Untuk mendalami permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mempelajari laporan-laporan dan survei dengan metode wawancara terbuka. Hasil penelitian menunjukkan permasalahan tersebut adalah optimalisasi, kemanfaatan dan kesesuaian kebutuhan pelayanan. |
No. Panggil : | 330 JPP 6:1 (2023) |
Entri utama-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), 2023 |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
ISSN : | 25980807 |
Majalah/Jurnal : | Jurnal Perencanaan Pembangunan |
Volume : | Vol. 6 No. 1, Maret 2023 Hal. 98-112 |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated |
Tipe Carrier : | volume |
Akses Elektronik : | https://doi.org/10.47266/bwp.v6i1.189 |
Institusi Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
330 JPP 6:1 (2023) | 08-23-75303090 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920536325 |