:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Mewujudkan pelayanan publik dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik: Peran diskominfo provinsi Jawa Tengah pada 2018-2023

Suharyo Joko Purnomo; (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), 2023)

 Abstrak

Dampak kemajuan teknologi digital membuat Pemerintah harus bertransformasi dari yang bersifat Government Centric menjadi Society Centric. Layanan publik harus jadi cepat, tepat, mudah dan murah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Diskominfo sepanjang 2018-2023 giat meningkatkan pelayanan publik melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hasilnya, capaian Indeks SPBE telah melampaui target akhir RPJMD, dari 2018 sebesar 3,24 menjadi 3,68 pada 2023. Capaian Indeks SPBE yang telah melampaui target pembangunan akan berpengaruh positif pada peningkatan pelayanan publik Diskominfo. Tingkat kematangan pelayanan publik Diskominfo menunjukkan kenaikan level dari rentang 3-4 menjadi 3-5. Meskipun demikian, masih ditemukan kekurangan terkait implementasi pelayanan publiknya. Untuk mendalami permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mempelajari laporan-laporan dan survei dengan metode wawancara terbuka. Hasil penelitian menunjukkan permasalahan tersebut adalah optimalisasi, kemanfaatan dan kesesuaian kebutuhan pelayanan.

 Metadata

No. Panggil : 330 JPP 6:1 (2023)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), 2023
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 25980807
Majalah/Jurnal : Jurnal Perencanaan Pembangunan
Volume : Vol. 6 No. 1, Maret 2023 Hal. 98-112
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://doi.org/10.47266/bwp.v6i1.189
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
330 JPP 6:1 (2023) 08-23-75303090 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920536325