:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran Pendidikan Kewirausahaan terhadap Proses Menjadi Wirausaha : Dari Niat Menjadi Perilaku = The Role of Entrepreneur Education Toward Entrepreneurial Process : Entrepreneur Intention to Behavior

Kavindra Ahmad Demelza Pramaputra Ridha; Aswin Dewanto Hadisumarto, supervisor; Rizal Edy Halim, examiner; Permata Wulandari, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Selama beberapa dekade terakhir, kewirausahaan telah dipelajari secara luas, dan telah dikaitkan dengan bidang studi lain, seperti psikologi sosial. Bidang-bidang tersebut telah digabungkan dengan kontribusi terobosan untuk mengeksplorasi bagaimana beberapa aspek dapat mengarah pada niat seseorang untuk menjadi pengusaha. Membangun dari penelitian sebelumnya, pendidikan tentang kewirausahaan telah dipertimbangkan sebagai aspek yang dapat memprediksi niat siswa untuk menjadi wirausaha karena hal ini membantu siswa untuk memperoleh beberapa keterampilan dan pengetahuan tentang menjadi seorang wirausaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah mahasiswa memiliki niat tulus tertentu yang dapat membantu mereka untuk memulai bisnis dan melihat diri mereka mampu melakukannya dengan belajar lebih banyak tentang kewirausahaan di universitas mereka sambil mencari tahu apakah ada mentalitas yang berbeda antara mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Penelitian ini mengacu pada teori perilaku terencana dari Ajzen, yang terdiri dari sikap pribadi, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, niat, dan perilaku. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini akan menggunakan Structural Equation Modeling. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dengan memperluas model yang dijelaskan oleh teori perilaku yang direncanakan dengan menambahkan pendidikan wirausaha dan mengatasi kesenjangan dalam literatur tentang hubungan antara niat wirausaha dan tingkah laku menjadi wirausaha.

Over recent decades, entrepreneurship has been extensively studied, and has been related to otherfields of study, such as social psychology. Such fields have been combined with groundbreakingcontributions to explore how several aspects can lead to a person intention of becoming an entrepreneur. Building on the past research, an education about entrepreneurship has been consider as an aspect that can predict the intentions of students to become an entrepreneur because it helps the students to acquire some skills and knowledge about becoming one. Therefore, this research is aiming to determine if the university students have a certain sincere intentions that can help them to start a business and see themselves as capable of doing so by learning more about entrepreneurship at their university from their choice of learning while finding out whether if the students in the Faculty of Economics and Business and Faculty of Engineering of the University of Indonesia have different mindset about it. This research draws on the planned behavior theory of Ajzen; personal attitudes, subjective norms, perceived behavioral control, intention, and behavior. To test the hypotheses, this research will use Structural Equation Modelling .This research provides a significant contribution by expanding the model described by the theory of planned behavior by adding the entrepreneur education and addressing a gap in the literature on the relation between entrepreneurial intentions and entrepreneurial behavior.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Kavindra Ahmad Demelza Pramaputra Ridha.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 75 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-46508215 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920536736