Analisis Pengaruh Faktor Kualitas Argumen, Kredibilitas Sumber dan Kesadaran Akan Kesehatan terhadap Kepuasan, Intensi, dan Loyalitas Pengguna Mobile Health di Indonesia = Analysis of Argument Quality, Source Credibility and Health Consciousness Towards Satisfaction, Intention, and Loyalty of Mobile Health
Nabilah Badriyah Gelshirani;
Putu Wuri Handayani, supervisor; Fatimah Azzahro, supervisor; Indra Budi, examiner; Pinem, Ave Adriana, examiner
(Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019)
|
Sebagai upaya untuk mendapatkan akses yang lebih mudah terhadap layanan dan kesehatan, berbagai mobile health (m-health) telah diimplementasikan di Indonesia. Penelitian telah menunjukkan bahwa belum banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan m-health. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kepuasan (user satisfaction), intensi (routine use intention), dan loyalitas (loyalty) pengguna mobile health di Indonesia. Faktor yang diteliti pada penelitian ini adalah m-health argument quality, m-health source credibility, dan health consciousness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 520 responden yang pernah menggunakan layanan kesehatan mobile di Indonesia seperti Alodokter, Halodoc, KlikDokter, atau aplikasi lainnya setidaknya sekali. Data diolah dengan menggunakan metode analisis Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara m-health argument quality dan m-health source credibility dengan user satisfaction. Selain itu, user satisfaction memiliki pengaruh terhadap routine use intention yang juga memengaruhi user loyalty. Some mobile health (mHealth) applications have been implemented in Indonesia to provide easier access to health services and information. Research has shown that not a lot of people have already utilized mHealth. This study aims to determine the factors that affect user satisfaction, routine use intention, and loyalty of mHealth. Factors being investigated are m-health argument quality, m-health source credibility, and health consciousness. This study uses a quantitative approach by surveying a total of 520 respondents who have used mHealth services at least once. The data is processed and analyzed using the Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) method and AMOS 21.0 tools. The result of this study indicates that mHealth argument quality and mHealth source credibility affect user satisfaction towards m-health. This study also indicates that user satisfaction affects user’s routine use intention which influences user loyalty to mHealth. |
S-Nabilah_Badriyah_Gelshirani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 122 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-pdf | 14-23-72679518 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920536761 |