:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebiasaan Makan Pada Remaja Di SMA Negeri 81 Jakarta = Factors Associated With Eating Habits Adolescent In SMA Negeri 81 Jakarta 2020

Fitri Ayu Rahmawati; Kusharisupeni Djokosujono, supervisor; Siti Arifah Pujonarti, examiner; Salimar, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Kebiasaan makan tidak baik dapat berdampak pada status gizi dan dalam jangka panjang memiliki manifestasi terhadap risiko kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kebiasaan makan pada remaja di SMA Negeri 81 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studi potong lintang (cross sectional). Kebiasaan makan sebagai variabel dependen merupakan variabel komposit dari frekuensi makan, porsi konsumsi kelompok jenis pangan, dan frekuensi konsumsi makanan cepat saji. Sementara itu, variabel independen pada penelitian ini adalah peran teman sebaya, frekuensi penggunaan media sosial (twitter, youtube, instagram, dan blog) untuk mencari konten tentang makanan, pengetahuan gizi, tingkat stres, tingkat pendidikan ayah, tingkat pendidikan ibu, dan uang saku harian. Data pada penelitian ini diambil secara daring dari 176 responden di kelas X dan XI secara acak dengan menggunakan kuesioner dan SQ-FFQ yang diisi secara mandiri. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 84,6% responden memiliki kebiasaan makan tidak baik. Terdapat perbedaan proporsi yang signifikan antara kebiasaan makan dengan pengetahuan gizi (p=0,017). Tidak ditemukan adanya faktor dominan kebiasaan makan pada penelitian ini, akan tetapi berdasarkan hasil analisis regresi logistik ditemukan kecenderungan bahwa remaja dengan pengetahuan gizi tidak baik berpeluang memiliki kebiasaan makan tidak baik sebesar 4,6 kali.

Unhealthy eating habits can have an impact of nutritional status and for a long term can manifested to health risk. The aim of this study is to determine factors of eating habits adolescent in SMA Negeri 81 Jakarta. The research of this study is quantitative and cross sectional design. Eating habits as dependent variable is the composite variable from daily meal frequency, portion consumption by food category, and fast food frequency. Meanwhile, the independent variables of this study are peer influences, frequency of social media (twitter, youtube, instagram, and blog) used to search food content, nutrition knowledge, stress level, father’s educational level, mother’s educational level, and daily pocket money. Data were collected by online used self-reported questionnaire and SQFFQ from 176 adolescent in first and second grade by system random sampling. The result showed 84,6% of respondent had unhealthy eating habits. The result indicated there was a significant difference in the proportion of unhealthy eating habits and nutrition knowledge (p=0,017). Based on multiple regression analysis, there is no dominant factor of eating habits in this study. However, this study found a tendency that adolescents with poor nutrition knowledge have the opportunity 4,6 higher to have unhealthy eating habits.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Fitri Ayu Rahmawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 107 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-75032329 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920537017