:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kecepatan Fermentasi Zymomonas mobilis Untuk Cocopeat Dan Sampah Daun Kering Dalam Produksi Alkohol = Speed Zymomonas mobilis Fermentation for Cocopeat and Garbage Dry Leaves In The Production of alkohol

Hendri; Musaddiq Musbach, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Cocopeat (serat kelapa) dan sampah daun kering biasanya tidak mempunyai nilai jual. Kandungan dari kedua biomassa seperti lignin, selulosa, hemiselulosa dan kandungan bisa dimanfaatkan menjadi etanol dengan bantuan  bakteri Zymomonas mobilis untuk proses fermentasi dan selulosa untuk proses hidrolisis. Proses produksi etanol melalui tiga tahap yaitu delignifikas, hidrolisis, dan fermentasi.  Pengukuran absorbansi dilakukan untuk melihat pertumbuhan bakteri Zymomonas mobilis dan selulosa.  Absorbansi tertinggi Zymomonas mobilis pada hari ke 4  yaitu 2.336 dan selulosa pada hari ke 3 sebesar 0.217. Absorbansi yang tinggi menghasilkan kecepatan produksi alkohol yang maksimum. Kadar alkohol yang paling tinggi pada biomassa 15 gram Cocopeat adalah 0.3701%  dan sampah daun kering sebesar 0.2957%.

Cocopeat (coconut fiber) and dry leaf litter usually do not have marketable value . The content of the biomass such as lignin, cellulose, hemicellulose, and the content can be utilized to ethanol by Zymomonas mobilis bacteria for fermentation and hydrolysis of cellulose to process. The ethanol production process through three stages delignification, hydrolysis, and fermentation. Absorbance measurement was conducted to see the growth of bacteria Zymomonas mobilis and cellulose. The highest absorbance Zymomonas mobilis on day 4, namely 2.336 and cellulose on day 3 of 0.217. High absorbance generate maximum speed of alcohol production. The most high alcohol have 15 gram content to Cocopeat is 0.3701% and the dry leaf litter at 0.2957%.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Hendri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 32 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-20737244 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920537070