:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Designing Risk Mitigation in Opening New Routes and Evaluating Existing Routes using House of Risk = Perancangan Mitigasi Risiko dalam Pembukaan Rute Baru dan Evaluasi Rute Eksisting Menggunakan House of Risk

Salsabilla Prilie Permana; Novandra Rhezza Pratama, supervisor; Erlinda Muslim, examiner; Amalia Suzianti, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

House of Risk (HOR) adalah sebuah kerangka kerja untuk mengidentifikasi risiko dan merancang mitigasi risiko berdasarkan hasil penilaian risiko. House of Risk digunakan sebagai metode untuk merancang mitigasi tersebut dalam penelitian ini. Pembukaan rute baru dan evaluasi rute eksisting pada dasarnya melibatkan banyak risiko yang berkontribusi sebagai faktor yang perlu dipertimbangkan. Oleh karena itu, penting untuk merancang mitigasi risiko pada setiap rute secara spesifik. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi kejadian risiko yang kemudian dilanjutkan dengan mengidentifikasi agen risiko pada kegiatan pembukaan rute baru dan evaluasi rute eksisting. Hasilnya, diperoleh 16 kejadian risiko dan 28 agen risiko melalui diskusi dan kuesioner. Melalui perhitungan Pareto secara kumulatif, 21 agen risiko dipilih berdasarkan total nilai Aggregate Risk Potential (ARP) sebagai agen risiko yang diprioritaskan untuk dimitigasi. Agen risiko yang paling signifikan adalah company's financial limitations dimana nilai ARP sebesar 1296 untuk rute pertama dan 945 untuk rute kedua. Sementara itu, HOR 2 menghasilkan 18 aksi mitigasi dimana aksi dengan nilai efektivitas tertinggi adalah cashflow projections and profitability evaluation.

House of Risk (HOR) is a framework to identify risks and design risk mitigation based on the results of risk assessment. House of Risk is used as a method of designing these mitigations in this research. Opening new routes and evaluating existing routes inherently involve multiple risks that contribute as factors that need to be considered. Thus, it is important to design risk mitigation on each route specifically. This research begins with identifying risk events which are then followed by identifying risk agents in the activities of opening new routes and evaluating existing routes. As a result, 16 risk events and 28 risk agents were obtained through discussions and questionnaires. Through cumulative Pareto calculation, 21 risk agents were selected based on the total Aggregate Risk Potential (ARP) value as priority risk agents to mitigate. The most significant risk agent is the company's financial limitations where the ARP value is 1296 for the first route and 945 for the second route. Meanwhile, HOR 2 produces the results of 18 mitigation actions where the actions with the highest effectiveness value are cashflow projections and profitability evaluation.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Salsabilla Prilie Permana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 105 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-47488847 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920538240