:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pembelajaran al-qur’an dengan metoda qirāatidi sd islam terpadu (sdit) al ichwan Cikarang Utara, Bekasi Jawa Barat

Syarifah Muthi’atun Najah (Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019)

 Abstrak

Mempelajari Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, karena Al-Qur’an sebagai pedoman beragama harus difahami dengan benar. Membaca Al-Qur’an tidak seperti membaca teks yang lainnya. Dalam Al-Qur’an ada kaidah-kaidah tertentu yang apabila kaidah itu tidak digunakan maka makna Al-Qur’an tersebut akan menjadi salah. Oleh karena itu, perlu ada sebuah metode yang inovatif dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan metode deskriptif analitik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model desain pembelajaran, proses pembelajaran, bentuk evaluasi, keunggulan, hasil pembelajaran, serta permasalahan dan solusinya dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiroati di SD IT Al-Ichwan. Berdasarkan temun dan pembahasan dapat diketahui bahwa SD IT Al-Ichwan merupakan salah satu sekolah yang berinovasi dengan menerapkan metode Qiroati untuk belajar membaca Al-Qur’an. Dengan metode ini siswa dengan mudah dapat meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an, dan juga metode ini bisa menjadikan sarana pengembangan guru dalam mengajarkan Al-Qur’an.

 Metadata

No. Panggil : 297 JPAM 32:1 (2019)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 0215782
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat
Volume : Vol. 32, No. 1 2019: Hal. 181-196
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://doi.org/10.31330/penamas.v32i1.287
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
297 JPAM 32:1 (2019) 08-24-28419079 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920538322