:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Entrepreneurial Orientation Terhadap Entrepreneurial Intention dengan Personality Traits sebagai Mediasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Bisnis dan Non-Bisnis di Universitas Indonesia) = The Influence of Entrepreneurial Orientation on Entrepreneurial Intention with Personality Traits as Mediation (A Study of Business and Non-Business Students at the Universitas Indonesia

Yuniar Hastuti Sanur; Novita Ikasari, supervisor; Nurul Safitri, examiner (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Entrepreneurial intention merupakan aspirasi pribadi pada individu untuk memulai suatu proyek atau usaha. Pentingnya aktivitas kewirausahaan dan peran mahasiswa dalam membentuk orientasi dan merangsang niat untuk menentukan karir kewirausahaan dan memulai bisnis baru di masa mendatang dipengaruhi oleh perilaku kewirausahaan dimana perilaku tersebut ditentukan oleh personality traits. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial orientation terhadap entrepreneurial intention dengan personality traits sebagai variabel mediasi pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia dan perbedaan pengaruh tersebut pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia yang berasal dari jurusan bisnis dengan mahasiswa dari jurusan non-bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei pada 100 mahasiswa tingkat akhir jurusan bisnis dan 100 mahasiswa tingkat akhir jurusan non-bisnis di Universitas Indonesia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) dengan pengolahan data menggunakan software IBM SPSS Statistics 26 dan SmartPLS 3.2.9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel personality traits mampu berperan baik dalam memediasi pengaruh entrepreneurial orientation dan entrepreneurial intention pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Indonesia. Selain itu, seluruh hubungan antar variabel juga memiliki pengaruh yang signifikan satu sama lain dan terdapat perbedaan pengaruh pada mahasiswa tingkat akhir yang berasal dari jurusan bisnis dan jurusan non-bisnis di Universitas Indonesia.

Entrepreneurial intention is the personal aspiration of individuals to initiate a project or business. The significance of entrepreneurial activities and the role of students in shaping orientation and stimulating the intention to pursue entrepreneurial careers and start new businesses in the future are influenced by entrepreneurial behavior, which is determined by personality traits. This study aims to analyze the influence of entrepreneurial orientation on entrepreneurial intention, with personality traits as a mediating variable, among final-year students at the University of Indonesia, and to examine the differences in these influences between business and non-business majors. The research employs a quantitative approach, conducting a survey on 100 final-year business students and 100 final-year non-business students at the University of Indonesia. Data analysis is conducted using SEM-PLS (Structural Equation Modeling Partial Least Square) with data processing performed using IBM SPSS Statistics 26 and SmartPLS 3.2.9. The results of this study indicate that personality traits play a significant mediating role in the influence of entrepreneurial orientation on entrepreneurial intention among final-year students at the University of Indonesia. Furthermore, all relationships between variables are mutually significant, and there are differences in influence between final-year students majoring in business and non-business at the University of Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Yuniar Hastuti Sanur.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 232 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-33508401 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920538989