:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Konsep Belajar dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi = The Correlation between Conception of Learning and College Adjustment among First-Year College Students

Alfito Adri Thufail Sutandi; Tjut Rifameutia Umar Ali, supervisor; Wuri Prasetyawati, examiner; Inge Uli Wiswanti, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Fenomena yang ditemui oleh peneliti pada mahasiswa baru menunjukkan ketika mengikuti kegiatan akademik dengan baik, maka mereka menjadi percaya diri dan merasa dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan di kampus. Salah satu hal yang dapat membantu keberhasilan belajar adalah konsep belajar (Saljo, 1979). Penelitian  (ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan konsep belajar dan penyesuaian diri mahasiswa baru di perguruan tinggi. Partisipan penelitian adalah mahasiswa baru semester satu program sarjana di perguruan tinggi berusia 18-21 tahun (N = 138). Alat ukur konsep belajar adalah The Conception of Learning Inventory dari Purdie dan Hattie (2002) dan alat ukur penyesuaian diri adalah College Adaptation Questionnaire dari O’Donnell et al. (2018). Hasil uji hipotesis menunjukkan konsep belajar yang dimiliki mahasiswa baru tidak memiliki hubungan dengan penyesuaian diri mahasiswa di perguruan tinggi (p > .05). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep belajar sebagai kewajiban dengan penyesuaian diri di kampus (p < .01; r= .26). Hasil tersebut mengindikasikan adanya hubungan antara konsep belajar pada mahasiswa bahwa belajar adalah merupakan kewajiban dengan penyesuaian diri di kampus. Peneliti memberikan beberapa saran, antara lain memperluas sampel penelitian, melakukan studi longitudinal, dan perguruan tinggi terus melakukan usaha pembelajaran yang berorientasi pada mahasiswa.

The phenomenon encountered by researchers in new students shows that when they follow academic activities well, they become confident and feel they can adjust to life on campus. One of the things that can help learning success is the concept of learning (Säljö, 1979). This study aims to see whether there is a relationship between the concept of learning and the adjustment of new students in college. The participants of this study were first-semester undergraduate freshmen in college-aged 18-21 years (N = 138). The learning concept measurement tool was The Conception of Learning Inventory from Purdie and Hattie (2002), and the self-adjustment measurement tool was the College Adaptation Questionnaire from O'Donnell et al. (2018). The results of hypothesis testing showed that the concept of learning owned by new students did not have a relationship with student adjustment in college (p> .05). There is a positive and significant correlation between the conception of learning as an obligation and adjustment on campus (p <  .01; r= .26). These results indicate a relationship between the concept of learning in students that learning is an obligation with adjustment on campus. The researcher made several suggestions, including expanding the research sample, conducting longitudinal studies, and universities continuing to make student-oriented learning efforts.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Alfito Adri Thufail Sutandi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 68 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-54212729 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920539297