:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Verba Trikonsonantal Tak Berimbuhan pada Q.S. Al-Kahfi: Analisis Morfosintaktis = Unaugmented Triconsonantal Verbs in Q.S. Al-Kahfi: Morphosyntactic Analysis

Sekar Ayu Putri Satya Maharani; Basuni Imamuddin, supervisor; Wiwin Triwinarti, examiner; Letmiros, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Verba dalam bahasa Arab atau فعل /fi’l/ sangat menarik untuk dibahas karena dalam satu kata tersebut sudah dapat diketahui persona, jumlah, dan jenis verbanya. Verba bahasa Arab mayoritas terdiri dari tiga konsonan atau biasa disebut dengan verba trikonsonantal tak berimbuhan atau الفعل الثلاثي المجرد /fi'l tsula:tsiy mujarrad/. Verba tersebut dikenal juga dengan verba dasar karena dapat membentuk verba baru dengan proses morfologis berupa derivasi dan infleksi. Objek yang dikaji pada penelitian ini yaitu al-Qur’an surat al-Kahfi yang mengandung banyak kisah di dalamnya. Maka dari itu, penelitian ini membahas hasil analisis morfosintaktis verba trikonsonantal tak berimbuhan yang tergolong dalam الفعل الصحيح السالم /fi‘l shahi:h sa:lim/ pada Q.S. al-Kahfi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode gabungan (kualitatif dan kuantitatif sederhana) dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dari Holes (1995) dan Ryding (2005) tentang verba trikonsonantal tak berimbuhan serta derivasi (morfosemantik) dan infleksi (morfosintaktis) verba bahasa Arab. Temuan dalam penelitian ini yaitu verba trikonsonantal tak berimbuhan merupakan verba paling produktif dengan total 272 verba dasar dan 109 verba diantara tergolong dalam fi‘l shahi:h sa:lim. Kemudian ditemukan lima variasi pola verba dasar dan yang paling produktif yaitu فَعَلَ /fa‘ala/ - يَفْعُلُ /yaf‘ulu/ dengan total 40 verba. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa hasil analisis dalam penelitian ini sama dengan apa yang diungkapkan oleh Holes.

The verb in Arabic or fi'l is very interesting to discuss because in one word you can already know the person, number and type of the verb. The majority of Arabic verbs consist of three consonants or are usually called unaugmented triconsonantal verbs or fi'l tsula:tsiy mujarrad. These verbs are also known as basic verbs because they can form new verbs using morphological processes in the form of derivation and inflection. The object studied in this research is the Al-Qur'an Surah al-Kahf which contains many stories in it. Therefore, this research discusses the results of morphosyntactic analysis of unaugmented triconsonantal verbs which are classified as fi‘l shahi:h sa:lim in Q.S. al-Kahf. The method used in this research is a mix research (qualitative and simple quantitative) and literature study. The theory used in this research is from Holes (1995) and Ryding (2005) regarding unaugmented triconsonantal verbs and the derivation (morphosemantics) and inflection (morphosyntactics) of Arabic verbs. The findings in this research are that unaugmented triconsonantal verbs are the most productive verbs with a total of 272 basic verbs and 109 of them are classified as fi'l shahi:h sa:lim. Then we found five variations of basic verb patterns and the most productive was فَعَلَ /fa'ala/ - يَفْعُلُ /yaf'ulu/ with a total of 40 verbs. Therefore, it can be concluded that the results of the analysis in this research are the same as what Holes revealed.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Sekar Ayu Putri Satya Maharani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : v, 24 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-40408733 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920540324