:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Optimalisasi Efisiensi Anggaran Pemerintah melalui Penerapan Benchmarking pada Proses Tinjau Ulang Angka Dasar Anggaran Kementerian/Lembaga di Indonesia = Optimization of Government Budget Efficiency through the Implementation of Benchmarking in the Indonesia's Line Ministries Budget Baseline Review

Adi Setyo Nugroho; Evony Silvino Violita, supervisor; Dodik Siswantoro, examiner; Miranti Kartika Dewi, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis penerapan benchmarking atas sebuah Rincian Output (RO) yang bersifat generik yang dilakukan pada tahapan tinjau ulang Angka Dasar dalam Penyusunan Anggaran Kementerian/Lembaga di Direktorat Jenderal Anggaran. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode kualitatif studi kasus untuk menangkap gejala dalam tahapan tinjau ulang angka dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan penelaahan dokumen. Data akan dijabarkan dengan logic model dalam penerapan konsep benchmarking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa benchmarking dapat meningkatkan efisiensi pada RO Layanan Perkantoran dengan menyesuaikan komposisi RO dengan rincian RO pada Kementerian Lembaga yang menjadi benchmark. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi anggaran di Kementerian/Lembaga serta memberikan alternatif pengembangan mekanisme baru dalam tinjau ulang angka dasar yang dapat diterapkan pada RO lainnya pada dokumen perencanaan anggaran K/L. Penelitian ini terbatas pada penjabaran data pada pada Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Lembaga dan dokumen pelaksanaan anggaran yang sudah ditetapkan berdasarkan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Responden wawancara terbatas di Direktorat Jenderal Anggaran dan unit perencanaan pada Kementerian/Lembaga.

The study aims to analyze the benchmarking application conducted at the stage of the baseline review on Output Detail (RO) in the Budgeting of line ministries in the Directorate-General of Budget. The research was carried out by applishing a qualitative method of case studies to capture phenomena in the stage of baseline review. Data is collected through interviews, observations, and document scrutiny. Data will be presented with the logic model in the application of benchmarking concepts. Research results show that benchmarking can improve the efficiency of Office Services RO by adjusting the composition of RO based on the Ministry of Institutions that are the benchmark. This research is expected to optimize budget efficiency in line ministries and provide an alternative to the development of new mechanisms in the review of Line Ministries budget baseline that can be applied to other ROs in budget planning documents. This research is limited to the source of documentation and sources from the units in charge of the planning and maintenance process.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Adi Setyo Nugroho.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 71 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-06331547 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920540803