:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan Pengawasan Dewan Komisaris Pada Perusahaan Pelayaran PT. XYZ = The Supervisory Role of the Board of Commissioner s in the Shipping Company PT. XYZ

William Chandra; Nureni Wijayati, supervisor; Desi Adhariani, examiner; Evony Silvino Violita, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Penelitian ini berfokus pada pentingnya penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan efektif pada PT. XYZ. Tata kelola perusahaan yang efektif merupakan landasan penting pertumbuhan suatu perusahaan. Peranan pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Komisaris merupakan salah satu hal yang penting dalam tata kelola perusahaan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi peranan pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Komisaris, kepatuhan terhadap peraturan regulasi yang ada pada industri pelayaran. Evaluasi pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Komisaris dilakukan dengan pendekatan kualitatif berupa studi kasus, dengan menggunakan data primer yang didapatkan langsung dengan melakukan wawancara kepada narasumber, dan juga mengobservasi kegiatan yang terjadi didalam perusahaan, serta menggunakan data sekunder berupa instrumen dokumentasi. Narasumber yang diwawancara pada penelitian ini merupakan manajemen kunci perusahaan yang terdiri dari Komisaris dan Direksi perusahaan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa jumlah komisaris di PT. XYZ yang hanya terdiri dari satu orang menjadi kekurangan signifikan. Keterbatasan ini berdampak pada efektivitas pengawasan dan tata kelola perusahaan, mengingat pentingnya peran Dewan Komisaris dalam menjalankan fungsi pengawasan pada perusahaan. Berdasarkan hasil temuan ini, PT. XYZ direkomendasikan untuk meningkatkan jumlah anggota Dewan Komisaris untuk yang ada pada PT. XYZ. Hal ini akan membantu meningkatkan efektivitas pengawasan dan tata kelola perusahaan, serta memastikan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Penelitian ini juga memberikan wawasan tentang pentingnya peranan pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Komisaris dalam konteks tata kelola perusahaan.

This research focuses on the importance of implementing good and effective corporate governance principles at PT. XYZ. Effective corporate governance is an essential foundation for a company's growth. The supervisory role carried out by the board of commissioner is one of the important aspects of corporate governance. This study also aims to evaluate the supervisory role of the Board of Commissioner and compliance with existing regulatory regulations in the shipping industry. The evaluation of the Board's supervision is conducted using a qualitative approach in the form of a case study, utilizing primary data obtained directly by conducting interviews with informants, and observing activities within the company, as well as using secondary data in the form of documentation instruments. The informants interviewed in this study are key company management consisting of Commissioner and Directors of the company. This research found that the number of commissioner at PT. XYZ, consisting of only one person, is a significant deficiency. This limitation impacts the effectiveness of supervision and corporate governance, considering the importance of the Board of Commissioner' role in carrying out supervisory functions in the company. Based on these findings, PT. XYZ is recommended to increase the number of Board of Commissioner members at PT. XYZ. This will help improve the effectiveness of supervision and corporate governance, as well as ensure compliance with the principles of good corporate governance. This study also provides insights into the importance of the supervisory role conducted by the Board of Commissioner in the context of corporate governance.

 File Digital: 1

Shelf
 T-William Chandra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 58 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-59232854 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920540927