Sistem pelatihan jarak jauh berbasis moodle untuk badan pendidikan dan pelatihan kementerian pertahanan
Maharani Febriansari;
(Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pertahanan RI, 2022)
|
Pandemi Covid 19 memaksa pembelajaran atau pelatihan dilakukan secara jarak jauh (daring) agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai target. Pembelajaran daring dituntut untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mudah diakses, salah satunya dengan menerapkan sistem manajemen pembelajaran (learning management system). Salah satu aplikasi manajemen pembelajaran yang banyak digunakan adalah Moodle, khususnya Moodle versi 3.8.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui skema implementasi sistem pelatihan jarak jauh berbasis Moodle di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Badiklat Kemhan). Pengumpulan data dilakukan dengan model waterfall, sementara pengujian aplikasi dilakukan dengan teknik blackbox. Adapun analisis dilakukan dengan menggunakan SCORM dan teori Haughey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan jarak jauh berbasis Moodle dapat dikatakan baik berdasarkan uji blackbox. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek seperti tampilan dan isi website, pelaksanaannya, kesiapan kelembagaan, serta sarana dan prasarana. |
No. Panggil : | 355 JIPHAN 8:1 (2022) |
Entri utama-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pertahanan RI, 2022 |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
ISSN : | 24425346 |
Majalah/Jurnal : | Jurnal Inovasi Pertahanan |
Volume : | Vol. 8 No. 1, Juni 2022: Hal. 12-22 |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated |
Tipe Carrier : | volume |
Akses Elektronik : | www.kemhan.go.id/balitbang/wp-content/uploads/2022/09/Jurnal_Vol_8-No-1-Juni_2022.pdf |
Institusi Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
355 JIPHAN 8:1 (2022) | 08-24-84545352 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920541824 |