:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Kualitas layanan peserta dengan metode servqual dan zone of tolerance di balai diklat keagamaan Semarang

Riskha Nur Fitriyah; (Kementerian Agama, 2019)

 Abstrak

Kepuasan peserta diklat dapat dicapai dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik. Oleh karena itu, BDK Semarang sebagai penyedia jasa layanan diklat harus berfokus pada kepuasan peserta diklat sebagai konsumen. Kurangnya kinerja pelayanan selama ini belum sesuai dengan harapan,dan sangat berpengaruh terhadap kepuasan peserta diklat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan antara kenyataan dan harapan para peserta diklat atas pelayanan dari penyelenggara diklat dan menganalisis kualitas pelayanan diklat yang diberikan oleh penyelenggara diklat dengan metode Servqual dan Zone of Tolerance. Berdasarkan nilai dengan metode Servqual,diperoleh bahwa kualitas layanan panitia penyelenggara diklat masih belum bisa memuaskan peserta diklat sebagai pelanggan. Sedangkan nilai dengan metode ZOT (zone of tolerance) didapatkan bahwa dari 15 atribut pelayanan dari panitia penyelenggara diklat, terdapat 9 atribut pelayanan yang masihbisa ditoleransi oleh peserta diklat, yaitu pelayanan saat registrasi, bahan perlengkapan diklat, sarana dan prasarana diklat, kerapihan dan keramahan panitia, respon panitia, keamanan dan kenyamanan peserta, empati panitia terhadap peserta, variasi menu serta profesionalisme dan keramahan pengajar/widyaiswara.

 Metadata

No. Panggil : 297 JPKG 42:2 (2019)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Kementerian Agama, 2019
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 0126396
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian dan Kajian Keagamaan
Volume : Vol. 42 No. 2, Desember 2019: Hal. 199-208
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://doi.org/10.47655/dialog.v42i2.333
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
297 JPKG 42:2 (2019) 08-24-51722456 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920541851