:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pendekatan model komputasi untuk penanggulangan sedimentasi pelabuhan akibat pengaruh muara sungai: Studi kasus pelabuhan Tanjung Mas Semarang

Hendiek Eko Setiantoro, Adi Prasetyo, Leo Eliasta, Anggun Etika Putriasri (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2020)

 Abstrak

Pendangkalan pelabuhan akibat sedimentasi akan mempengaruhi pola operasi pelabuhan tersebut dan mengganggu navigasi kapal untuk bermanuver masuk ke dalam pelabuhan. Permasalahan tersebut akhirnya akan meningkatkan biaya operasi pelabuhan dan mengurangi profit margin. Tulisan ini membahas penanggulangan sedimentasi akibat pengaruh muara sungai di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Analisis karakteristik sedimentasi dilakukan dengan menggunakan model angkutan sedimen sebagai alat bantu. Model angkutan sedimen divalidasi dengan data hasil pengukuran berupa data elevasi pasang surut selama satu bulan dan data arus selama lima belas hari. Hasil simulasi model yang diverifikasi dengan data lapangan dijadikan sebagai dasar identifikasi karakteristik pola sedimentasi. Hasil simulasi model angkutan sedimen di pelabuhan menunjukan bahwa sedimentasi dipengaruhi oleh muara sungai di sebelah barat dan timur Pelabuhan dengan konsentrasi sedimen tersuspensi maksimum 0,15 kg/m3. Penanggulangan sedimentasi dengan pengerukan berkala, sedimen dibuang di area dumping dan dari hasil simulasi menunjukan area dumping eksisting merupakan area ideal karena sedimen tidak berpotensi kembali ke dalam area pelabuhan. Dengan difungsikanya kembali pemecah gelombang di Pelabuhan Tanjung Mas akan dapat secara efektif mengurangi sedimentasi di kolam pelabuhan, sehingga difungsikanya kembali pemecah gelombang dapat menjadi solusi dalam penanggulangan sedimentasi di kolam pelabuhan.

 Metadata

No. Panggil : 627 JTHID 11:2 (2020)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Bandung: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2020
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20873611
Majalah/Jurnal : Jurnal Teknik Hidraulik
Volume : Vol. 11, No. 2 Desember 2020: Hal. 119-134
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://doi.org/10.32679/jth.v11i2.649
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
627 JTHID 11:2 (2020) 08-24-75296472 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920542664