:: Buku Teks :: Kembali

Buku Teks :: Kembali

Bombana dalam Sorotan Pers : Berita Proses Terbentuknya Kabupaten Bombana ( 19 Februari 1995 s.d. 18 Januari 2004)

Anton Ferdinan (Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2023)

 Abstrak

Peran media massa (pers) dalam mempublikasikan sebuah peristiwa ataupun gagasan dan ide yang dikemas dalam sebuah berita menjadi instrumen penting dalam proses perjuangan terbentuknya daerah otonomi di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kumpulan berita dari sejumlah media massa itu kemudian disusun dalam sebuah buku.
Buku ini berisi kumpulan berita yang disorot oleh media massa cetak di Provinsi Sulawesi Tenggara maupun media nasional di Ibukota Negara. Penulisnya menyusun menurut urutan kronologis dan berdasarkan media yang sempat direkam. Banyak rekaman informasi yang bisa didapatkan dalam buku ini yang bisa menginspirasi untuk menjadi bahan kajian lebih lanjut.
Tidak banyak Daerah Otonomi Baru (DOB) yang sempat menghimpun serpihan-serpihan informasi tercetak apalagi yang dipublikasikan oleh berbagai media cetak dimasanya. Dan buku ini menjadi salah satu rujukan yang tepat bagi masyarakat umum, mahasiswa maupun peneliti yang selama ini menggunakan media (koran) sebagai salah satu sumber rujukannya.
Disusun dalam urutan kronologis yang cukup apik, menjadi sebuah informasi yang merekam peristiwa demi peristiwa dimasa fase-fase perjuangan Otonomi Daerah Kabupaten Moronene yang kemudian berganti nama menjadi Kabupaten Bombana. Dengan rekaman yang diarsipkan secara rapi oleh penyusunnya, buku Bombana Dalam Sorotan Pers (kumpulan Berita Proses Terbentuknya Kabupaten Bombana) layak untuk dibaca.
Sebuah karya literasi dari sudut pandang yang berbeda untuk disajikan dalam kemasan sebuah buku sebagai memori kolektif daerah dalam peristiwa proses perjuangan terbentuknya Kabupaten Bombana di Provinsi Sulawesi Tenggara.

 Metadata

No. Panggil : 070.4 ANT b
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2023
Sumber Pengatalogan: LibUI ind rda
ISBN: 9786236421710
Tipe Konten: text
Tipe Media: unmediated
Tipe Carrier: volume
Edisi:
Catatan Seri:
Catatan Umum:
Catatan Versi Asli:
Deskripsi Fisik: xxv, 321 pages : illustration ; 25 cm
Lembaga Pemilik: Universitas Indonesia
Lokasi: Perpustakaan UI Lantai 2 (Buku Teks)
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
070.4 ANT b 01-24-00559 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920542795