:: Buku Teks :: Kembali

Buku Teks :: Kembali

Tragedi Mei 1998 dan lahirnya Komnas Perempuan

Dewi Anggraeni (Kompas, 2023)

 Abstrak

Menurut Pengamatan dan Penelusuran penulis,Kerusuhan Mei 1998 adalah hasil rekayasa dari pihak-pihak yang memanfaatkan krisis eonomi dan kondisi sosial politik yang rawan,serta sentimen rasial yang sudah ada dan dibina dengan sengaja.Maka terjadilah peusakan besar besaran dari tempat usaha maupun tempat tingal warga etnis Tionghoa,dengan mengorbankan sejumlah besar warga non-tionghoa terutama yang tidak mampu,yang dihasut dan di giring ke dalam gedung gedung yang kemudian dibakar oleh mereka yang dengan enteng disebut sebagai"penjarah".
Kekejian ini termasuk perkosaan,telah menggugah tokoh tokoh masyarakat,pekerja kemanusiaan dan pembela HAM sedemikian rupa,sehingga mereka menggalang kekuatan untuk menyatakan protes,yang juga disampaikan kepada Presiden B.J.Habibie pada 15 juli 1998.Presiden menyatakan mengutuk kejahatan seksual tersebut dan menjanjikan perlindungan kepada semua warganegara.
Buku ini adalah sebuah upaya untuk menuliskan sejarah perempuan. Mengutip Andy Yentriyani, sebuah upaya untuk menjauhkan kita menjadi bangsa amnesia. Upaya ini tentu perlu diikuti dengan sejumlah langkah sinergis untuk terus mendorong pengakuan negara atas pemerkosaan dan kekerasan terhadap perempuan yang terjadi dalam peristiwa Mei 1998 sekaligus mengupayakan pemulihan dan keadilan bagi korban serta memastikan agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi di masa yang akan datang

 Metadata

No. Panggil : 305.420 DEW t
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Kompas, 2023
Sumber Pengatalogan: LibUI ind rda
ISBN: 9789797098094
Tipe Konten: text
Tipe Media: unmediated
Tipe Carrier: volume
Edisi:
Catatan Seri:
Catatan Umum:
Catatan Versi Asli:
Deskripsi Fisik: xxxiv, 214 pages : illustration ; 21 cm
Lembaga Pemilik: Universitas Indonesia
Lokasi: Perpustakaan UI Lantai 2 (Buku Teks)
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
305.420 DEW t 01-24-00702 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920543128