:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analyzing the Impact of In-Vehicle Infotainment System on Situation Awareness: A study Utilizing SPAM and Eye-Tracking Technology = Menganalisis Dampak In-vehicle Infotainment system terhadap Situation Awareness: Sebuah Studi Menggunakan SPAM dan Teknologi Eye Tracker

Ahmad Ghanny; Maya Arlini Puspasari, supervisor; Amalia Suzianti, examiner; Armand Omar Moeis, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Studi ini menyelidiki dampak In-Vehicle Infotainment System (IVIS) pada Situation Awareness (SA) pengemudi menggunakan Situation Presence Assessment Method (SPAM) dan teknologi eye tracker. Penelitian ini penting karena peningkatan penggunaan IVIS dalam kendaraan modern dapat menyebabkan gangguan yang berpotensi meningkatkan kecelakaan lalu lintas. Simulasi mengemudi waktu nyata melibatkan 20 peserta (10 pria dan 10 wanita) berusia 19-25 tahun, yang menjalani dua kondisi mengemudi: tanpa gangguan dan dengan gangguan IVIS. Data pelacakan mata dikumpulkan menggunakan kacamata Tobii Pro, dan SA dinilai dengan kuesioner SPAM setiap empat menit selama simulasi. Data dianalisis menggunakan SPSS dan Tobii Pro Analyzer dengan berbagai uji statistik, termasuk uji normalitas, Mann-Whitney, Wilcoxon signed-rank, dan ANOVA. Hasil menunjukkan bahwa IVIS secara signifikan menurunkan SA pengemudi selama kondisi mengemudi yang terganggu. Rekomendasi termasuk mengoptimalkan ukuran dan tata letak layar, mengintegrasikan antarmuka multimodal, dan menerapkan regulasi lalu lintas yang lebih ketat untuk meningkatkan keselamatan pengemudi. Studi ini menekankan perlunya perbaikan desain IVIS dan regulasi untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas akibat gangguan.

This study investigates the impact of In-Vehicle Infotainment Systems (IVIS) on drivers' Situation Awareness (SA) using the Situation Presence Assessment Method (SPAM) and eye-tracking technology. This research is crucial because the increasing use of IVIS in modern vehicles can cause distractions that potentially increase traffic accidents. A real-time driving simulation involved 20 participants (10 men and 10 women) aged 19-25, who underwent two driving conditions: undistracted and distracted with IVIS. Eye-tracking data was collected using Tobii Pro glasses, and SA was assessed with SPAM questionnaires every four minutes during the simulation. The data was analyzed using SPSS and Tobii Pro Analyzer with various statistical tests, including normality tests, Mann-Whitney tests, Wilcoxon signed-rank tests, and ANOVA. The results showed that IVIS significantly decreased drivers' SA during distracted driving conditions. Recommendations include optimizing screen size and layout, integrating multimodal interfaces, and enforcing stricter traffic regulations to improve driver safety. This study emphasizes the need for improved IVIS design and regulation to reduce traffic accidents caused by distractions.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ahmad Ghanny.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LIbUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 73 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-08603549 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920544977