:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kinerja Tutor dan Komunikasi Interpersonal yang Baik Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa dalam Tutorial Problem-Based Learning di Program Studi Kedokteran Umum Unmul

Eva Rachmi; Soegito Wonodirekso; Marcellus Simadibrata, supervisor; Abdul Latief, examiner (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Kurikulum berbasis kompetensi di PSKU Universitas Mulawarman dilaksanakan mulai September 2007, menggunakan problem-based learning atau PBL yang merupakan strategi pembelajaran berdasar problem. Dalam tutorial PBL terjadi proses belajar secara kolaboratif memanfaatkan sumber pengetahuan kolektif untuk meningkatkan pembelajaran semua anggota kelompok. Partisipasi mahasiswa dalam tutorial mungkin dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kinerja tutor, kualitas problem, dan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterkaitan antara kinerja tutor, kualitas problem, komunikasi interpersonal, dan partisipasi mahasiswa dalam PBL di PSKU Universitas Mulawarman. Penelitian ini dilakukan pada akhir uji coba PBL, diikuti oleh mahasiswa kedokteran tahun pertama dan kedua yang dibagi dalam 15 kelompok secara random pada 25 Mei 2007. Tiap mahasiswa mengisi kuesioner tentang kinerja tutor, kualitas problem, dan komunikasi interpersonal sesuai dengan persepsinya.
Partisipasi mahasiswa tiap kelompok dinilai oleh observer sesuai dengan daftar tilik. Analisa statistik dilakukan dengan regresi linier menggunakan STATA 6.0. Dari 110 mahasiswa, sebanyak 64 orang yang mengikuti uji coba, dan seluruhnya bersedia mengikuti penelitian ini. Kinerja tutor menunjukkan hubungan dengan partisipasi mahasiswa (coe//szen/Coef.=0,66;95%CI=0.38-0.94). Unsur non-sugestif (Coef.=0,76;95%CI=0,15-l,38) dari kinerja tutor mempunyai pengaruh paling kuat terhadap partisipasi mahasiswa diikuti oleh unsur non-asertif (Coef.=0,77;95%CI=0,14-l,40). Komunikasi interpersonal juga menunjukkan keterkaitan dengan partisipasi mahasiswa (Coef.=0.67; 95%CI=0.05-1.30). Koefisien regresi yang positif menunjukkan adanya hubungan yang positif antara unsur non-asertif dan non-sugestif, serta komunikasi interpersonal terhadap partisipasi mahasiswa. Sedangkan kualitas skenario menunjukkan hubungan yang lemah dengan partisipasi mahasiswa.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan unsur non-asertif dan non-sugestif dari kinerja tutor, serta komunikasi interpersonal yang baik akan meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam tutorial PBL.

 File Digital: 1

Shelf
 T58790-Eva Rachmi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T58790
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : Ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 30 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T58790 15-24-44729478 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920551368