Ideologi cerita sang kancil dan implikasinya dalam pendidikan anak usia dini
Umar Sidik;
(Balai Bahasa Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta, 2013)
|
Tujuan penelitian ini mendiskrepsikan ideologi dan wahana pengasuhannya yang terdapat dalam dongeng Sang Kancil. Selain itu, penelitian ini untuk mengungkap implikasi,ideologi Sang Kancil dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa dongeng Sang Kancil menebarkan ideologi kelicikan (tipu muslihat). Ideologi itu diejawantahkan secara terbuka dan melekat pada tokohnya, yaitu Sang Kancil. jika cerita ini diberikan kepada anak usia dini, sama artinya dengan proses merusak kepribadian anak menuju kedewasaannya. |
No. Panggil : | 407 WID 41:2 (2013) |
Entri utama-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Yogyakarta: Balai Bahasa Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta, 2013 |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
ISSN : | 02159171 |
Majalah/Jurnal : | Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan |
Volume : | Vol. 41, No. 2, Desember 2013: Hal. 135-146 |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated |
Tipe Carrier : | volume |
Akses Elektronik : | file:///Users/jurnal/Downloads/75-144-1-SM.pdf |
Institusi Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
407 WID 41:2 (2013) | 08-24-69747629 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920553082 |