Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan sebuah balanced scorecard (BSC) perusahaan yang dapat diimplementasikan oleh manajemen CV XYZ dengan menggunakan pendekatan circular BSC. Studi kasus ini menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai manajemen kunci CV XYZ. CV ZYZ adalah salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berlokasi di Jakarta, Indonesia yang belum pernah melakukan pengukuran kinerja sebelumnya. CV XYZ juga tidak memiliki visi, misi, nilai, dan strategi yang eksplisit. Sejak tahun 2019, CV XYZ memfokuskan penjualannya pada ekspor produk seafood ke luar negeri tanpa adanya penetapan tujuan dan praktek kontrol bisnis. Kami menggunakan circular BSC sebagai kerangka konseptual dan kami menemukan bahwa pada desired strategy map, kami tidak hanya dapat mengandalkan critical success factors (CSFs) dari keinginan manajemen. Namun, perlu juga ditambahkan analisis SWOT untuk membuat BSC yang lebih baik untuk CV XYZ. Saat ini implementasi pengendalian proses bisnis yang secara implisit dilakukan oleh CV XYZ adalah pengendalian biaya, harga jual, dan kepercayaan dari pembeli dengan atau tanpa pengukuran kinerja. Sebagai hasil akhir, kami merancang BSC perusahaan yang diharapkan dapat membantu meningkatkan daya saingnya dalam persaingan global dan meningkatkan kinerja bisnisnya.
......The aim of this study is to propose a corporate balanced scorecard (BSC) that can be implemented by the CV XYZ?s management by using circular BSC approach. This case study uses qualitative method by interviewing CV XYZ?s management. CV ZYZ is one of micro, small, and medium enterprise located in Jakarta, Indonesia which has never implemented performance measurement before. CV XYZ also does not have explicit vision, mission, value, and strategy. Since 2019, CV XYZ has focused its sales on exporting seafood products abroad without having any goal setting and business control practices. We use circular balanced scorecard as the conceptual framework and we found that on the desired strategy map, we can not only rely on the critical success factors from the management?s desires. However, it is also necessary to add SWOT analysis to create a better BSC for CV XYZ. Currently, the implementation of business process control that implicitly carried out by CV XYZ are controlling cost, selling price, and trust from buyers with or without performance measurement. As the final output, we design a corporate BSC which is expected to help increase its competitiveness in the global competition and improve its business performance.