Ditemukan 35 dokumen yang sesuai dengan query
Collins, Mattie, author
St. Louis: Mosby, 1983
610.730 699 COL c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Connecticut: Appleton-Century-Crofts, 1984
610.73 INT
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Morrissey, Jean, author
New York: McGraw-Hill, 2011
616.89 MOR c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Manurung, Idawati, author
Recent health service should ti-y to grant comprehensive service, in line with technology demand and society interest, clients have resumed to pay attention to profits of hospital providing qualified service, efficient cost and satisfaction to its clients. A hospital, if dose not pay attention to its client?s satisfaction, will diminish...
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
T4578
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Harnita, author
Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang mempunyai kontribusi besar terhadap tingginya mutu pelayanan kesehatan. Kualitas komunikasi perawat-klien sangat menentukan tingkat kualitas pelayanan keperawatan di rumah sakit. Terdapat banyak faktor yang berhubungan dengan komunikasi perawat-klien di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan...
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T22855
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Yessy Wirani, author
Metode komunikasi kolaboratif untuk meningkatkan keselamatan pasien adalah komunikasi SBAR (Situation, Background, Assessment, Recomendation). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan SBAR terhadap pengetahuan, sikap, dan keterampilan perawat di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang tahun 2016. Jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain one group pretest-posttest dilanjutkan pendekatan kualitatif (Mixed Research). Hasil...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Fischbach, Frances Talaska, author
Philadelphia, PA: F.A. Davis, 1991
610.730 69 FIS d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Kepuasan klien adalah kesan klien terhadap rumah sakit yang membuat klien dapat
menyesuaikan diri dengan keadaan yang dihadapinya. Kurangnya interaksi atau
komunikasi perawat kepada kliennya dapat menyebabkan klien merasa tidak puas.
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara komunikasi terapeutik perawat
dengan tingkat kepuasan klien. Penelitian ini dilakukan di IRNA B Lantai IV dan V
Kanan...
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
TA5099
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Adanya stress atau ancaman terhadap keutuhan seseorang dapat menyebabkan
kecemasan, klien-klien yang datang diruang emergensi seringkali mengalami
kecemasan, baik cemas ringan maupun berat. Komuikasi trapeutik ditujukan untuk
membina hubungan dengan klien sehingga diharapkan kecemasan hilang atau
berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh komunikasi
terapeutik terhadap penurunan kecemasan klien di ruang emergensi. Desain yang
digunakan...
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
TA5245
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Sentosa pada seminar PPNI di RSU Kardinah menyebutkan bahwa salah satu
permasalahan terhadap pelayanan kesehatan adalah komunikasi yang kurang baik antara
tenaga kesehatan dan pasien (Suara Merdeka, 2001). Dalam hasil survei di RSUP
Sanglah Bali, didapat data bahwa keluhan yang sering disampaikan oleh klien adalah
perawat yang judes, sering cemberut, kurang komunikasi, dan sangat...
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5485
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library