::  Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

 
Ditemukan 29 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Ahamed body" is a well-estabilished model of a hatchback car. In this study, computational simulations were conducted by using existing CFD sofwere to capture "drag crisis" phenpmena......
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Simanungkalit, Sabar Pangihutan, author
Kombinasi kontrol aktif tiupan dan hisapan yang diterapkan pada bagian belakang model mobil dapat meningkatkan tekanan statis hingga 50% dan mengurangi drag sampai 10% (Gerrop, D. & Odhental, H.J., 2000). Penerapan kontrol aktif tiupan pada model mobil (Ahmed body) menghasilkan penurunan drag hingga 6%, konsumsi bahan bakar menurun hingga 0.4...
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T31680
UI - Tesis (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Frans Enriko, author
Berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan sebelumnya bahwa nilai minor losses aliran fluida dapat dikurangi dengan menambahkan serat alami ke dalam fluida dan juga menggunakan pipa spiral. Percobaan dilakukan dengan mengukur pressure drop. Tujuan pengujian ini untuk meneliti pengaruh penambahan serat alami dalam larutan air.

Pada pengujian ini diameter pipa spiral yang...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S45394
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
[Studi ini mengkaji efek dari hambatan aerodinamik pada performa bus listrik UI dengan basis simulasi numerik. Dengan data yang diperoleh dari pengukuran di UI dan pengumpulan data dari berbagai sumber, dirancang sebuah simulasi yang menguji kemampuan kendaraan dengan masukan profil kecepatan. Pada studi ini dibandingkan performa dari kendaraan saat menggunakan...
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58827
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Tosuli, Yohanis Tangke, author
Kestabilan aerodinamik kendaraan dan benda bergerak lainnya ditentukan oleh adanya separasi aliran. Gaya drag timbul karena adanya perbedaan tekanan yang besar antara sisi muka dan belakang serta adanya gesekan kulit pada permukaan. Salah satu upaya yang digunakan untuk mengurangi gaya hambat, dengan mengubah bentuk bagian depan penghalang segiempat berbentuk kurva. Model...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T14935
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
In this study, the limiting maximum drag reduction asymptote for the moment coefficient of an enclosed rotating disk with fine spiral grooves in turbulent flow region were obtained analytically. Analysis which were based on an assumption for a simple parabolic velocity distribution of turbulent pipe flow to represent relative tangential velocity, was carried...
Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2007
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Virgianto, author
Drag reducfion mempunyai peranan yang sangat penting bagi dunia industri, karena kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi produksi. Fenomena drag reduction ini merupakan efek dari pengurangan koefisien gesek yang pertama didaparkan oleh B. A. Toms (1948), dengan cara menambahkan sejumlah kecil polimer, yang kemudian merangsang para peneliti aktif didalam penelitian drag reducrion....
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37083
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Robby Dwitama, author
Semakin besarnya konsumsi bahan bakar tak terbaharukan akibat pengunaan kendaran yang sangat marak, membuat banyak penelitian yang dilakukan demi mengefisiensikan penggunaan bahan bakar tersebut. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah penambahan kontrol aktif pada kendaraan, guna mengurangi gaya drag yang dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar kurang efektif atau boros....
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64274
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nazih Rabbani, author
Pengaruh aktuator plasma sebagai alat kontrol aktif aliran, diinvestigasi terhadap pengurangan drag aerodinamika pada silinder persegi panjang. Aktuator plasma dapat menginduksi aliran disekitarnya untuk bergerak. Silinder diuji pada terowongan angin subsonic dengan aliran upstream terowongan angin adalah 2 m/s, 5m/s, 7.5m/s, dan 10m/s. Tiga buah silinder persegi panjang dengan...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59880
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Akbar Wicaksana, author
Hambatan aerodinamis merupakan kontributor terbesar dalam konsumsi bahan bakar kendaraan darat, khususnya kendaraan komersial seperti bus dan truk yang memiliki geometri bluff body. Dimple yaitu cekungan pada bola golf telah lama diketahui dapat mengurangi drag, jika dibandingkan dengan bola golf tanpa dimple. Penelitian kali ini meneliti efek penambahan dimple pada...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52192
UI - Skripsi (Open)  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>