Ditemukan 43 dokumen yang sesuai dengan query
Nedra Wati Zaly, author
[ABSTRAK
Usia prasekolah merupakan masa persiapan anak untuk masuk sekolah. Pada usia
ini perkembangan sosial, emosi, dan kognitif anak berkembang dengan cepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
kesiapan anak usia prasekolah untuk mulai bersekolah. Desain penelitian ini
menggunakan studi deskriptif. Dengan pengumpulan data kesiapan sekolah
menggunakan pemeriksaan Nijmeegse Schoolbekwaanheids Test (NST) pada 206
anak....
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
T43665
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dessy Hapsari, author
Home, bagi anak prasekolah, tidak hanya berfungsi sebagai sebuah naungan tempat tercukupinya kebutuhan primer anak, tapi juga suatu lingkungan tempat anak prasekolah ini dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Inilah yang harus dipenuhi oleh Taman Penitipan Anak (TPA). Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana fungsi home bagi...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52279
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Helwiah Umniyati, author
ABSTRAK
Obesity has become a significant public health problem of the twenty first century. An increasing number of preschool
children are becoming overweight. Although many risk factors have been identified for school-age children, less is
known about this young age group. This study was aimed to determine factors associated with overweight among
preschool children....
University of YARSI. Faculty of Medicine, 2014
J-pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Bambang Tridjaja A.A.P., author
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mutia Rahmi, author
Salah satu tugas perkembangan pada masa prasekolah adalah berkembangnya kemampuan motorik kasar anak. Pada saat ini tubuh anak berkembang pesat, terutama perkernbangan otot-otot besar yang memungkinkan perkembangan motorik kasarnya. Anak juga sangat aktif dan energik, sehingga membutuhkan latihan kegiatan motorik kasar. Kemampuan motorik kasar ini memiliki hubungan yang erat dengan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T38529
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Alifah Indalika Mulyadi Razak, author
[ABSTRAK
Perilaku prososial merupakan modal penting untuk berhasil beradaptasi dalam kehidupan sosial (Berns, 2010). Keikutsertaan dalam kegiatan taman kanak-kanak memperluas mikrosistem anak dan menuntut pengembangan perilaku sosial sesuai dengan situasi sosial yang berbeda dan lebih luas. Upaya sistematik perlu dilakukan di tingkat prasekolah untuk memastikan bahwa perilaku prososial berkembang sesuai dengan...
2015
T43054
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Denia Putri Prameswari, author
[Perceraian tidak hanya berdampak pada orang tua, melainkan juga pada anak dalam keluarga. Anak usia prasekolah merupakan mereka yang paling tertekan dalam menghadapi peristiwa tersebut. Dampak negatif perceraian pada anak dapat diminimalisir dengan pemberian pengetahuan sebelumnya. Pengetahuan mengenai perceraian, salah satunya dapat disampaikan melalui buku cerita bergambar. Sayangnya, di Indonesia...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T43874
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Christopora Intan Himawan Putri, author
Pada anak usia prasekolah, regulasi emosi merupakan aspek penting dari perkembangan sosial anak. Secara khusus, regulasi emosi berperan sebagai kunci dari kemampuan anak dalam mengelola tuntutan dan konflik yang mereka hadapi ketika berinteraksi dengan orang lain. Ketidakmampuan untuk meregulasi emosi merupakan faktor risiko penting dalam pembentukan perilaku agresif di masa...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T49186
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Tanjung, Ika Citra Dewi, author
Latar belakang: Banyak faktor yang memengaruhi stimulasi dan salah satunya adalah stimulasi. Fungsi kognitif berhubungan dengan stimulasi yang diberikan oleh orangtua atau pengasuh.
Tujuan: Menilai hubungan stimulasi dengan fungsi kognitif anak perawakan pendek dan normal usia prasekolah
Metode: Studi cross sectional yang dilakukan di empat kelurahan di Jakarta dengan metode pengambilan sampel...
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Metsy Wendhiani, author
Tujuan umum penelitian ini adalah diketahuinya riwayat penyakit infeksi sebagai faktor dominan kejadian stunting pada siswa kelas 1 SD di Jakarta Pusat tahun 2016. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan desain studi cross-sectional. Responden dalam penelitian ini sebanyak 160 responden di 6 sekolah dasar negeri di Jakarta Pusat. Hasil penelitian menunjukkan...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S63489
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library