ABSTRAKPada tanggal 22 Oktober 2011, Provinsi Banten menyelenggarakan Pilkada secara
langsung untuk memilih calon gubernur dan calon wakil gubernurnya pada
periode 2012-2017. Pilkada tersebut diikuti oleh tiga pasangan calon, yaitu
pertama, Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno, kedua, Wahidin Halim dan Irna
Nurulita dan ketiga, Jazuli Juwaini dan Makmun Muzakki. Pada akhirnya
dimenangkan oleh pasangan Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno.
Kemenangan pasangan Ratu Atut dan Rano Karno menarik untuk dikaji, oleh
karena itu, penulis melakukan penelitian strategi komunikasi politik pasangan
Ratu Atut dan Rano Karno pada Pilkada Banten 2011.
Pendekatan metodologi dalam penelitian ini termasuk kategori kualitatif dan
sebagai metode penelitiannya adalah studi kasus, sedangkan sifat penelitian ini
adalah deskriptif. Pengambilan data menggunakan dua cara yaitu pengambilan
data primer dan sekunder.
Setelah dilakukan penelitian hasilnya menunjukkan, strategi komunikasi politik
yang membuat pasangan Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno memenangkan
Pilkada Banten 2011 di antara lain: Ratu Atut masih merawat tim suksesnya
dengan baik, didukung oleh 11 partai parlemen dan 22 partai non parlemen, di
samping mempunyai popularitas dan elektabilitas tinggi, ia juga menggunakan
faktor ketokohan dan jaringan politiknya yang kuat dan kokoh, dan ke semua
strategi komunikasi politik berdasarkan hasil rekomendasi survei.
AbstractProvince of Banten On October 22, 2011, held direct elections to choose
candidates for governor and vice governor in the period 2012 ? 2017. The election
was followed by three pairs of candidates, the first, Ratu Atut and Rano Karno,
the second, Wahidin Halim and Irna Nurulita, the third, Makmun Muzakki and
Jazuli Juwaini. In the end, Ratu Atut and Rano Karno won on the Banten
Provincial election.
The winning of Ratu Atut and Rano Karno is interested to study, therefore,
researcher do research about strategy of political communication of Ratu Atut and
Rano Karno on Banten provincial election.
Methodological approach in this study include qualitative and as method of
research is case study, while nature in this research is descriptive. Retrieval of
data use two methods, namely primary and secondary data collection.
Having done the results show strategy of political communication Ratu Atut and
Rano Karno in Banten Provincial Election include: Ratu Atut still care ?success
team?, Supported by 11 Parliamentary parties and 22 non parliamentary parties,
having popularity and they also use persona factor, a strong political network and
political consultant.