Deskripsi Lengkap :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal

Keefektifan Model Experiential Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Naratif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap / by A. Irmawati

Nomor Panggil 400 JIKKT 7:1 (2019)
Pengarang
Subjek
Penerbitan Ambon: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, 2019
Kata Kunci :  
 Info Lainnya
Kode Bahasa : Ind
ISBN : none
ISSN : 23391154
Edisi : none
Alamat Penerbit : none
Frekuensi Terbit : Dua kali setahun
Frekuensi Lama : none
Tgl. Terbit Awal : none
Catatan Seri : none
Catatan Umum : none
Catatan Jenis Karya : none
Catatan Bibliografi : none
Penyimpangan Penomoran : none
Catatan Suplemen : none
Program Studi/Jurusan : none
Catatan Reproduksi : none
Catatan Versi Asli : none
Sumber Koleksi : none
Volume, No, Tahun : none
Deskripsi Fisik : none
Jenis Kontent : teks
Jenis Media : unmediated
Jenis Wadah : volume (rdacarier)
Fail Dijital :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • File Digital: 0
  • Ulasan
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
400 JIKKT 7:1 (2019) 03-21-606950122 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20511919
ABSTRAK
Keefektifan Model Experiential Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Naratif SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) hasil penerapan model Experiential Learning dalam pembelajaran menulis puisi naratif, (2) hasil penerapan tanpa menggunakan model Experiential Learning dalam pembelajaran menulis puisi naratif, (3) keefektifan model Experiential Learning dalam menulis puisi naratif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap. Desain penelitian yang digunakan bersifat eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu siswa kelas VIII.2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas control. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, artinya penentuan sampel dilakukan secara sengaja dengan jumlah yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan analisis. Teknik yang digunakan untuk menentukan data penelitian ini adalah tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan teknik statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) penerapan model Experiential Learning berpengaruh signifikan dilihat dari nilai tes awal ke tes akhir yakni nilai rata-rata tes awal sebesar 64 menjadi 80,74 setelah dilakukan tes akhir, yakni nilai rata-rata sebesar 16,74, (2) hasil penerapan tanpa menggunakan model Experiential Learning menunjukkan hasil nilai rata-rata tes awal sebesar 61,63 dan menjadi 71,59 setelah dilakukan tes akhir dengan peningkatan
sebesar 9,96, (3) uji analisis data dengan menggunakan Independent Sample T-tes menunjukkan perolehan nilai
p=0,000 karena p ≤ α =0,05 pada derajat kebebasan 44, maka H yang menyatakan keefektifan terhadap penerapan model Experiential Learning dalam pembelajaran menulis puisi naratif siswa diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model Experiential Learning efektif dalam pembelajaran menulis puisi naratif SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap