Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Keefektifan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi naratif siswa kelas VIII smp negeri 2 dua Pitue Kabupaten Sidrap

A. Irmawati; (Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, 2019)

 Abstrak

Keefektifan Model Experiential Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Naratif SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) hasil penerapan model Experiential Learning dalam pembelajaran menulis puisi naratif, (2) hasil penerapan tanpa menggunakan model Experiential Learning dalam pembelajaran menulis puisi naratif, (3) keefektifan model Experiential Learning dalam menulis puisi naratif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap. Desain penelitian yang digunakan bersifat eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas control. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, artinya penentuan sampel dilakukan secara sengaja dengan jumlah yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan analisis. Teknik yang digunakan untuk menentukan data penelitian ini adalah tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan teknik statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model Experiential Learning berpengaruh signifikan dilihat dari nilai tes awal ke tes akhir yakni nilai rata-rata tes awal sebesar 64 menjadi 80,74 setelah dilakukan tes akhir, yakni nilai rata-rata sebesar 16,74, (2) hasil penerapan tanpa menggunakan model Experiential Learning menunjukkan hasil nilai rata-rata tes awal sebesar 61,63 dan menjadi 71,59 setelah dilakukan tes akhir dengan peningkatan sebesar 9,96, (3) uji analisis data dengan menggunakan Independent Sample T-tes menunjukkan perolehan nilai p=0,000 karena p ≤ α =0,05 pada derajat kebebasan 44, maka H yang menyatakan keefektifan terhadap penerapan model Experiential Learning dalam pembelajaran menulis puisi naratif siswa diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model Experiential Learning efektif dalam pembelajaran menulis puisi naratif SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap.

The Effectiveness of the Experiential Learning Model in Narrative Poetry Writing Learning in Second Pitue State Middle School 2 Sidrap Regency. This study aims to find out (1) the results of applying the model Experiential Learning in learning to write narrative poetry, (2) the results of application without using the model Experiential Learning in learning to write narrative poetry, (3) the effectiveness of the Experiential Learning model n writing narrative poetry of SMP Negeri 2 Dua Pitue, Sidrap Regency. The research design used is experimental. The population of this study was all eighth grade students of State Middle School 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap. The study sample consisted of two groups, namely grade students as a class experiment VIII.2 and VIII.3class as a class kontrol. meaning that the determination of the sample is done intentionally with the amount determined in accordance with the needs of the analysis. The technique used to determine this research data is a written test. Data analysis techniques use descriptive statistical techniques and inferential statistics. The results showed that (1) the application of the model had a significant effect seen from the pretest to post test, namely the average value of the pretest was 64 to 80.74 after the post test, ie an average value of 16.74, (2) the results of the application without using the model Experiential Learning shows the results of the average value pretest of 61.63 and becomes 71.59 after the post test with an increase of 9.96, (3) the test of data analysis using Independent SampleT-tes shows the acquisition of p= 0,000 because p α α = 0.05 in degrees of freedom 44, then H which states the effectiveness of the application of models ExperientialLearning in learning to write student narrative poetry is accepted. The results of this study conclude that the use of the Experiential Learning model is effective in learning to write narrative poetry in SMP Negeri 2 Dua Pitue, Sidrap Regency.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 400 JIKKT 7:1 (2019)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Ambon: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, 2019
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 23391154
Majalah/Jurnal : Toto Buang: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan
Volume : Vol. 7, No. 1 Juni 2019: Hal. 141-157
Tipe Konten : teks
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacarier)
Akses Elektronik : https://totobuang.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/totobuang/article/view/113
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
400 JIKKT 7:1 (2019) 03-21-606950122 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20511919
Cover