UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran kontraktor dalam meningkatkan constructability pada tahap pelaksanaan proyek : studi kasus P.T. Hutama Karya = Contractor's role in improving project constructability during construction period : case study P.T. Hutama Karya

Waldy Rahman Ziliwu; Bambang Trigunarsyah, supervisor; Leni Sagita Riantini, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Pelaksanaan pekerjaan dalam industri konstruksi dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu biaya, waktu dan kualitas. Keefektifan dan efisiensi dalam pelaksanaan merupakan masalah yang sering dihadapi kontraktor dalam melaksanakan suatu proyek konstruksi. Seberapa baikpun perencanaan yang telah dilakukan, pada tahap pelaksanaan selalu terjadi perubahan yang mengakibatkan keterlambatan dalam penyelesaian. Untuk menghindari atau mengurangi kemungkinan kesalahan dan rework dalam proses konstruksi maka keterlibatan kontraktor pada semua tahapan konstruksi sangat diperlukan. Keterlibatan personel konstruksi pada tahap perencanaan dan perancangan dapat memberi masukan dan pengalaman untuk dapat diimplimentasikan pada tahap pelaksanaan konstruksi. Dengan keterlibatan personel konstruksi pada semua tahapan konstruksi, kontraktor diharapkan dapat mengendalikan pelaksanaan proyek yang berhubungan dengan biaya, waktu dan kualitas tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkaitan dengan peran kontraktor dalam meningkatkan constructability terutama pada tahap pelaksanaan konstruksi serta pengaruhnya terhadap kinerja proyek.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode studi kasus, dimana dilakukan peninjauan langsung terhadap suatu proyek dengan mengumpulkan data dan informasi yang mempengaruhi peningkatan constructability pada proyek konstruksi tersebut. Konsep constructability merupakan konsep yang memungkinkan keterlibatan personel konstruksi dalam semua tahapan konstruksi. Penerapan konsep ini memungkinkan peningkatan produktivitas dan kinerja proyek secara keseluruhan.

Construction process influenced by various factor, among others that are cost, quality and time. Effectiveness and efficiency in construction process are problems often faced by contractor. No matter how good the planning was, changes that resulted in delay in finishing always occur in the process phase. To avoid or lessen the possibilities of mistake and rework in the course of construction process, hence involvement of contractor are needed in every construction step. Involvement of construction personnel at planning and design phase can give experience and input to be further implemented in the process phase of the construction. With the involvement of construction personnel at all construction steps, contractor is expected to control the project execution which is related to cost, quality and time.
This research aims to identify the factors related to the role of contractor in improving constructability especially in process phase of construction and also its influence to project performance.
In this research, the method used is the case study method, where a project is directly evaluated by collecting information and data which influence the improvement of constructability in the construction project. The constructability concept is a concept that enables the involvement of construction personnel in every construction step. Application of this concept can increase the performance and productivity of a project as a whole.

 File Digital: 1

Shelf
 S35264-Waldy Rahman Ziliwu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35264
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 58 hlm.ill.30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35264 14-21-34513300 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239700
Cover