UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisa kinerja PT. X. sebelum dan setelah penerapan ERP dengan metode importance performance analysis = Performance evaluation analysis at PT. X before and after an implementation of ERP with the importance-performance analysis

Sekarsari Pratiti; M. Dachyar, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Keuntungan yang didapatkan melalui implementasi ERP merupakan suatu ukuran yang sulit untuk diukur dengan pengukuran finansial yang konvensional. Hal ini karena ERP adalah suatu investasi jangka panjang yang menyatu pada sistem perusahaan yang melibatkan banyak faktor di dalamnya. Oleh karena itu dikembangkanlah suatu sistem evaluasi yang berdasarkan motivasi dapat memberi gambaran tentang keberhasilan peningkatan kinerja suatu perusahaan terhadap implementasi ERP. Dengan cara ini, perhitungan dapat lebih mudah dilakukan.
Skripsi ini menggunakan metode importance-performance analysis yang dapat memberi fungsi evaluasi kinerja, serta perancangan strategi peningkatan kualitas, dibatasi hanya modul manufaktur. T-test dilakukan pula untuk melihat seberapa signifikan perubahan yang diberikan oleh ERP kepada perusahaan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor yang paling penting dalam penerapan ERP adalah terintegrasinya sistem produksi menjadi satu kesatuan. Sedangkan, faktor yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan kinerjanya pada awal penerapan ini adalah waktu kerja karyawan.

Advantages achieved through ERP implementation is difficult to evaluate with the conventional financial measurement. This caused by the ERP characteristic as a long-term investation which attached to the company system that involves manya factors in it. Therefore, an evaluation system based on motivation is developed to provide information about the performance improvement of ERP implementation. In this way, calculation can be more easily performed.
This thesis uses importanceperformance analysis that can provide evaluation on ERP performace and design of quality improvement. T-test were aslo done to evaluate how significant the changes the ERP to the company.
The results stated that the most important factor in ERP implementation is the integrated production system into a single view. Meanwhile, a factor that is a priority for performance improvement at the developing period is the working time of employers spends to do their work.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S51770
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 86 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51770 14-22-97871407 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250067
Cover