UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Efektifitas iklan gaya editorial dalam menciptakan pengetahuan khalayak mengenai suatu produk

Ratih Wirayanti Widajanto; Benny S. Tedjasendjaja, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1987)

 Abstrak

Berbagai iklan mencoba menarik perhatian khalayak dalam keadaan "buyer's market" seperti sekarang ini Tetapi iklan gaya editorial justru dibuat "tersembunyi" Iklan ini dibuat mirip artikel majalah tidak menampilkan logo dan gambar produk sehingga tidak langsung terlihat bahwa itu adalah iklan ia mengandalkan keampuhan judul untuk menarik perhatian kha¬layak Kelemahan iklan gaya editorial adalah fehalayak tidak dapat mengetahui produk ana yang diiklankan sebelum membaca naskahnya Iklan ini memang lebih menuntut khalayak untuk membaca dibandingkan dengan iklan biasa (ad-style) Padahal hampir semua orang malas membaca, tidak hanya yang berpendidikan rendah "bahkan yang berpendidikan tinggi pun malas membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan gaya editorial efektif untuk menciptakan pengetahuan (memberikan informasi) mengenai produk kepada khalayak.
Penelitian dilakukan dengan metode survai menggunakan kuesioner Sampel adalah pelanggan majalah Kartini di Kebayoran Baru-Jakarta Selatan, berjumlah 100 orang dan dipilih secara accidental.
Dari penelitian di lapangan diperoleh hasil bahwa gambar produk merupakan unsur yang paling disukai responden dalam memperhatikan iklan-iklan produk kecantikan kulit. Padahal ciri khas iklan gaya editorial justru tidak menampilkan gambar produk yang diiklankan Dengan demikian elemen visual (gambar produk) merupakan bagian daya tarik iklan produk kecantikan kulit.
Iklan Oil of Ulan kurang efektif dalam menciptakan pengetahuan responden mengenai produk tersebut hanya 20% responden yang Berpengetahuan tinggi mengenai Oil of Ulan, 57% berpengetahuan rendah dan 23% tidak mendapat informasi (pengetahuan) dari iklan tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 S3789-Ratih Wiryanti Widajanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S3789
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1987
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vii, 68 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3789 14-20-811061037 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20283167
Cover