UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Efektivitas metode simulasi dibandingkan dengan metode ceramah dalam menyampaikan informasi lingkungan dan membentuk perilaku peduli penggunaan air bersih

Clara Handayani; Ratna Djuwita, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Kita memiliki banyak sekali masalah Iingkungan saat ini. Mulai dari
berbagai jenis pencemaran, kerusakan-kerusakan Iingkungan, punahnya berbagi
jenis mahluk hidup, sampai makin menipisnya persediaan sumber daya alam
yang kita miliki. Masalah-masalah ini harus segera diatasi agar tidak mengancam
kehidupan manusia dan mahluk hidup lain yang hidup di bumi ini. Untuk itu orang
terus berusaha mencari cara yang efektif untuk mengatasinya. Berbagai
teknologi dan sistem diciptakan untuk mengatasi hal ini. Tetapi hal terpenting
yang pertama harus diubah adalah perilaku manusia itu sendiri. Manusia terlebih
dahulu harus peduli Iingkungan untuk menyelamatkan Iingkungannya, karena
selama ini berbagai perilaku manusia dalam kehidupan lah yang ikut
menciptakan kerusakan-kerusakan yang ada.
Pemberian informasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan
untuk mengatasi masalah Iingkungan ini. Dengan informasi yang jelas tentang
keadaan Iingkungannya, diharapkan orang menjadi Iebih tahu keadaan yang
dihadapinya sekarang, perilaku apa yang menyebabkan kerusakan itu, dan
bagaimana cara mengatasinya. Pemberian informasi ini merupakan sebuah
langkah awal dalam usaha perbaikan dan pelestarian Iingkungan. Tetapi
penggunaan pemberian informasi sebagai cara mengatasi masalah Iingkungan
masih diperdebatkan. Walaupun informasi diperlukan untuk membentuk perilaku
yang peduli Iingkungan dan terbukti dapat mengubah sikap untuk peduli
Iingkungan tetapi berbagai penelitian yang pernah dilakukan belum banyak
membuktikan keefektifan cara ini daiam membentuk perilaku peduli Iingkungan.
Untuk itulah penelitian ini dilakukan. Penelitian ini ingin melihat keefektifan
pemberian informasi dalam bentuk simulasi, yang merupakan metode belajar
aktif, dalam membentuk perilaku menghemat air, mengingat masalah kelangkaan
air merupakan salah satu masalah Iingkungan yang cukup penting.
Dalam penelitian ini, metode simulasi dibandingkan secara eksperimental
dengan metode ceramah, metode yang selama ini telah banyak digunakan
dalam penyebaran informasi Iingkungan. Penelitian dilakukan dengan sampel
sebanyak 78 orang, yang merupakan mahasiwa psikologi angkatan 1999,
peserta kuliah Psikologi Sosial II. Sampel dibagai ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol yang memperoleh informasi dengan metode ceramah dan
kelompok eksperimen yang memperoleh informasi dengan metode simulasi.
Efektivitas kedua metode ini diukur melalui perilaku menutup keran dan perilaku
penyampaian informasi yang dilakukan oleh subyek kedua kelompok. Simulasi
dalam penelitian ini menggunakan biji saga, sebagai representasi sumber daya
alam yang terbatas, yang harus diambil subyek sebanyak mungkin dan dapat
ditukarkan dengan kue sebagai reward.
Hasil dari penelitian ini adalah kedua metode ini, simulasi dan ceramah,
sama efektif dalam memberikan informasi Iingkungan. Hal ini bisa dilihat dari
frekuensi perilaku menutup keran dan frekuensi perilaku penyampaian informasi
yang tidak berbeda secara signifikan. Walaupun begitu proses yang terjadi
selama penelitian tetap memperlihatkan pengaruh positif simulasi terhadap
pemahaman tentang lingkungan dan masalah-masalahnya. Hal-hal lain yang
mungkin ikut mempengaruhi hasil penelitian ini adalah situasi penelitian,
karakteristik subyek, serta jumlah subyek yang tidak sama dalam dua kelompok
penelitian tersebut.
Saran penelitian ini untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan
metode random sampling dalam pengambilan sample dan menggunakan prinsip
feedback, reinforcement untuk memperkuat treatment. Selain itu penelitian juga
akan lebih baik bila dilakukan dalam kehidupan sehari-hari langsung dan dengan
jangka waktu yang lebih panjang.

 File Digital: 1

Shelf
 S3074-Clara Handayani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S3074
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 68 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3074 14-19-033331574 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287224
Cover