UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pemetaan paket berita pagi TV nasional dan pengembangannya melalui preferensi pemirsa menggunakan analisis multivariat dan house of quality

Selani; Isti Surjandari Prajitno, supervisor; Arian Dhini, supervisor; Amar Rachman, examiner; Erlinda Muslim, examiner; Akhmad Hidayatno, examiner; Boy Nurtjahyo Moch., examiner (Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang perfoma program berita pagi TV Nasional di Indonesia melalui pendekatan analisis multivariat. Sejauh ini pihak stasiun TV di Indonesia terlalu mengandalkan survei Nielsen sebagai acuan untuk mendapatkan iklan. Dari sudut pandang berbeda, penelitian ini dilakukan untuk melihat kemampuan program berita pagi TV nasional. Sampel diambil sebanyak 406 responden di Jakarta, karena Jakarta merupakan representasi dari all market untuk program berita pagi berdasarkan survei Nielsen 2012. Kuesioner disebar untuk mendapatkan tingkat kepentingan dan kepuasan sebagai data primer yang diolah menggunakan factor analysis dan linier regression untuk mereduksi dan melihat kontribusi dari masing-masing faktor terhadap model yang terbentuk dan kemudian dipetakan dengan multidimensional scaling. Data preferensi pemirsa disegmentasi serta diukur menggunakan cluster analysis dan conjoint analysis untuk kemudian hasilnya digunakan sebagai input dalam menyusun house of quality guna mengembangkan paket program Reportase Pagi TRANSTV. Hasilnya bahwa pihak News TRANSTV hendaknya memprioritaskan Training/Coaching Clinic untuk crew yang terlibat guna mengembangkan program Reportase Pagi.

This thesis discusses the performance of the National TV morning news program in Indonesia through a multivariate analysis approach. So far the TV station in Indonesia too rely on Nielsen?s survey as a reference for the ad. From a different perspective, the study was conducted to look at the ability of a morning news program. Samples were taken as 406 respondents in Jakarta, because Jakarta is a representation of all market for the morning news program based on the 2012 Nielsen?s survey. Questionnaires distributed to obtain the level of importance and satisfaction as the primary data that is processed using factor analysis and linear regression to reduce and to see the contribution of each factor to the model is formed and then mapped with multidimensional scaling. Data of audience preferences is segmented and measured using cluster analysis and conjoint analysis, the results used as input in preparing the house of quality in order to improve Reportase pagi TRANSTV. The result is that the TRANSTV news division should give priority of Training / Coaching Clinic for the crew involved in order to improve Reportase Pagi TRANSTV.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T30944
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 84 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30944 15-19-296882969 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20305842
Cover