UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Penerapan total quality management dalam pendidikan tinggi keperawatan profesional pada sekolah tinggi ilmu kesehatan citra husada mandiri Kupang = Total quality management in higher education professional nursing in the college of health sciences husada citra mandiri Kupang

Hendrikus M. Ana; Yati Afiyanti, supervisor; Hanny Handayani, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Total Quality Management filosofi pengembangan mutu pendidikan tinggi
keperawatan, yang tanggap dan mampu merespon perubahan pendidikan tinggi
keperawatan demi kepuasan pada konsumen. Rendahnya mutu pendidikan berasal
dari perancangan kurikulum, ketidaksesuaian manajemen, kurangnya jam
pelajaran, kurangnya sumber daya staf. Tujuan penelitian mengetahui gambaran
umum penerapan Total Quality Management dalam pendidikan tinggi
keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Citra Husada Mandiri Kupang.
Metode penelitian survei dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel
secara purposive, berjumlah 44 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner
dan dianalisa dengan mean dan proporsi. Hasil penelitian menunjukkan
perencanaan mutu pendidikan tinggi keperawatan menurut pegawai 85,71 %
kurang baik dan 14,29 % baik,dan menurut mahasiswa 53,33 % kurang baik dan
46,67 % baik. Peningkatan mutu pendidikan tinggi keperawatan menurut pegawai
42,86 % baik dan 57,14 % kurang baik, sedangkan menurut mahasiswa 83,33%
baik dan 16,67 % kurang baik. Pengendalian mutu pendidikan tinggi keperawatan
menurut pegawai 78,57% baik dan 21,43 % kurang baik, dan menurut mahasiswa
70% baik dan 30 % kurang baik. Penjaminan mutu pendidikan tinggi keperawatan
menurut pegawai 35,71% baik dan 64,29 % kurang baik, dan menurut mahasiswa
86,67% baik dan 13,33% kurang baik. Hambatan yang dirasakan masih
kurangnya sosialisasi bagi perguruan tinggi sehingga belum mengetahui dan
mengerti, tentang pelaksanaannya hanya mengacu referensi buku. Pimpinan perlu
merencanakan kebijakan mutu yang strategis, pengendalian dan penjaminan mutu
yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan tinggi keperawatan. Elemenelemen
harus diperhatikan etos kerja, motivasi, kerjasama tim, moral kerja, dan
kerja keras.

ABSTRACT
Total Quality Management philosophy of the development of nursing higher
education quality, responsive and able to respond to changes in higher education
in nursing by consumer satisfaction. The low quality of education from
curriculum design, management mismatch, lack of school hours, lack of staff
resources. Studies find a general purpose application of Total Quality
Management in higher education of nursing at the College of Health Sciences
Husada Citra Mandiri Kupang

Methods of survey research with cross sectional design. Purposive sampling,
totaling 44 people. Data collection using questionnaires and analyzed with means
and proportions. The results showed a high quality planning of nursing education
according to the employee 85.71% and 14.29% is not good either, and according
to students 53.33% and 46.67% is not good either. Improving the quality of higher
education of nursing staff by 42.86% is good and 57.14% is not good, according
to students while 83.33% 16.67% good and less good. Quality control of higher
education of nursing staff according to 78.57% and 21.43% good is not good, and
according to students 70% good and 30% unfavorable. Quality assurance of
higher education of nursing staff according to 35.71% and 64.29% good is not
good, and according to students 86.67% 13.33% good and less good. Perceived
barriers were the lack of socialization for colleges that do not yet know and
understand, on a reference book only refers to their implementation. Leaders need
to plan a strategic quality policy, quality assurance and control-oriented higher
education quality improvement in nursing. Elements must be considered work
ethic, motivation, teamwork, morale, and hard work.

 File Digital: 1

Shelf
 S42527-Penerapan total.pdf :: Unduh

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S42527
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiii, 79 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S42527 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20308993
Cover