UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perancangan letak dan bentuk label gizi yang efektif pada kemasan muka produk pangan berbasis eye-tracking = Design of effective positioning and form of front-of-pack nutrition labelling on food products based on eye-tracking method

Steffi Link; Erlinda Muslim, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Saat ini konsumen di Indonesia sangat kurang memperhatikan label gizi pada kemasan produk pangan. Penelitian ini berfokus pada peletakan label gizi yang pada kemasan muka produk pangan karena menurut penelitian di Amerika, Eropa, Australia/Selandia Baru label gizi pada kemasan muka produk pangan lebih memudahkan konsumen memilih produk pangan yang lebih sehat. Bagi produsen, penelitian ini bertujuan memberikan rekomendasi letak dan bentuk label gizi yang efektif, dan bagi konsumen sebagai bahan pertimbangan untuk memilih produk pangan yang sesuai dan lebih sehat.
Penelitian ini diawali dengan kuesioner preferensi konsumen terhadap letak dan bentuk label gizi, kemudian dilanjutkan dengan eye-tracking. Hasil kuesioner dan eye-tracking akan dibandingkan dan divalidasi kembali dengan eye-tracking. Penelitian ini memperlihatkan bahwa label gizi dengan letak kiri atas dan bentuk PDI merupakan label gizi yang efektif.

Nowadays, Indonesian consumers are very lacking in attention to nutrition labels. This research focusing on front-of-pack nutrition labelling because based on a research conducted in US, Europe, Australia/New Zealand, front-of-pack nutrition labels ease consumers to choose healthier food products. For the producers, this research is used for recommendation of effective front-of-pack nutrition labeling, and for the consumers as a consideration to choose proper and healthier products.
This research was began with preference questionnaire and continues with eyetracking. The results of questionnaire and eye-tracking were compared and were validated using eye-tracking. This research shows that the most effective front-ofpack nutrition label should be placed at upper left and using PDI format.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S43859
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 75 hlm.: ill.; 30 cm.+lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S43859 14-22-33237691 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20314631
Cover