ABSTRAKPendekatan belajar adalah kecenderungan strategi yang digunakan siswa dalam
kegiatan belajarnya untuk mencapai hasil belajar. Kepribadian tipe D adalah
kecenderungan individu untuk secara terus menerus mengalami emosi negatif dan
menghindari ekspresi diri ketika berada dalam interaksi sosial.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara tipe pendekatan belajar
dengan kepribadian tipe D. Sebanyak 50 orang pelajar di Banten menjadi sampel
penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa tipe pendekatan belajar (surface
approach, deep approach, dan strategic approach) tidak memiliki hubungan yang
signifikan dengan kepribadian tipe D.
AbstractLearning approach is the intention of strategy that used by student to reach
learning outcomes. Type D personality is the intention to simultaneously
experience negative emotion and inhibit self expression in social interaction.
This research examine the relationship between types of learning approach with
type D personality. The sample comprised 50 students in Banten for this research.
Result indicated that there is no significant relationship between types of learning
approach (surface approach, deep approach, and strategic approach) with type D
personality.